oleh

Yakin Panglima TNI 11 Senjata Milik Korban MI 17 Masih Dipegang Warga

-Artikel, Berita-597 views

Kitorangpapuanews.com – “Kami sudah melihat fotonya dan itu adalah bagian dari masyarakat. Saat ini, kami  fokus untuk mendekati masyarakat. Nanti kita langsung to the point ke masyarakat itu,” ujarnya, Selasa 18 Februari 2020. Panglima TNI, Marsekal  TNI Hadi Tjahjanto yakin 11 senjata api yang dibawa korban helikoptr Mi 17 masih berada di tangan warga sekitar Pegunungan Bintang.

Usai melepas 4 jenazah korban heli MI 17 di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura, Panglima mengakui telah melihat foto-foto orang yang membawa senjata diantara puing helikopter yang jatuh di Puncak Mandala, Pegunungan Bintang.

Panglima TNI juga meminta bantuan Polri untuk memberikan himbauan kepada masyarakat di Kabupaten Pagunungan Bintang, untuk sukarela menyerahkan 11 pucuk senjata tersebut.

“Kapolri menyanggupi untuk membantu pengembalian senjata. Kami yakin senjata itu masih di tangan masyarakat. Masyarakat juga tidak tahu terkait situasi yang ada, jika nantinya akan disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik,” jelasnya.

Danrem 172/PWY, Letkol Inf Binsar Sianipar menuturkan terus berkomunikasi dengan masyarakat adat, untuk melakukan pendekatan dengan masyarakat yang diduga memegang senjata tersebut.

“Kami yakini itu bukan OPM, hanya masyarakat biasa. Karena dari gambarnya seperti masyarakat biasa, tapi video dan foto-foto yang diviralkan seolah ada anggota bersenjata,” jelas Binsar.

Binsar mengatakan, 11 senjata yang dibawa anggota dalam penerbangan MI-17 yakni tujuh senapan SS1, tiga pistol dan satu senapan pelontar granat.

News Feed