oleh

Kunjungi Jayawijaya, Surya Tjandra Dukung Penuh Program Pemberdayaan Lahan Masyarakat Binaan Papua

Kitorangpapuanews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertahanan Nasional Indonesia (ATR/BPN) mendukung Program Pemberdayaan lahan masyarakat binaan di Desa Wesakin Distrik Wouma Kab. Jayawijaya, Rabu (27/01/2021).

Potensi pertanian yang dimiliki Kabupaten Jayawijaya bisa dibilang menjanjikan dan sungguh luar biasa. Dimana apalagi potensi pertanian tersebut dikembangkan maka dapat menjadi aset masa depan masyarakat setempat.

Melihat potensi tersebut Wakil Menteri  ATR/BPN Dr. Surya Tjandra, S.H, LL.M. melakukan kunjungan ke lahan pertanian masyarakat binaan. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan pengecekan terhadap lokasi-lokasi pemberdayaan lahan di wilayah kantor pertanahan Kabupaten Jayawijaya.

Wamen Surya Tjandra dalam kunjungannya, memberi tanggapan positif dengan program pemberdayaan lahan masyarakat binaan yang dilaksanakan di Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya.

“Program pemberdayaan lahan ini menggunakan soft approach yang dapat merubah pola pikir masyarakat dari separatis menjadi ekonomis, disamping hal itu juga dapat meningkatkan ekonomi dan gairah bekerja warga setempat dengan memaksimalkan potensi lahan yang dipadukan dengan peluang ekonomi di sekitar lahan” ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan Papua menjadi komitmen pemerintah sebagaimana termuat dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Inpres tersebut memerintahkan seluruh kementerian di masa pemerintah Presiden Jokowi untuk mendukung pembangunan Papua.

Kementerian ATR/BPN mempunyai terget jangka pendek dalam pembangunan Papua, dimana dalam waktu dekat ini akan melakukan pemetaan wilayah adat di Papua.  

Rencananya akan melibatkan seluruh masyarakat adat di Papua guna mendukung program pembangunan yang akan dilakukan ke depan. Dimana langkah pertama yang kami dilakukan adalah pembelajaran yaitu mendengarkan harapan dari warga karena Papua memiliki adat yang sangat banyak, jadi tidak bisa bekerja efektif kalau tidak mengerti kondisi Papua.

Menanggapi apa yang diperlukan petani mengenai lahan pemberdayaan yang belum bersertifikat, Wamen Surya Tjandra berencana akan membuat sertifikat tanah yang digunakan untuk lahan pemberdayaan, demi meningkatkan kemauan dan semangat penduduk lokal di Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya.

News Feed