oleh

Ketua DPR : Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Bersinergi Sukseskan PON dan Peparnas

-Artikel-780 views

Kitorangpapuanews.com  – DPR meminta pemerintah pusat dan Pemprov Papua mensukseskan PON dan Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) 2020 di Papua. Sukses yang dimaksud dalam bentuk administrasi, penyelenggaraan dan prestasi.

“Dari hasil rapat gabungan ini, rapat gabungan antara pemerintah dengan Komisi I, Komisi II, Komisi III, dan Komisi X maka DPR mempunyai kesimpulan bahwa DPR RI berkomitmen untuk mensukseskan penyelenggaraan PON ke XX dan Peparnas ke 16 tahun 2020 di Provinsi Papua. Yang meliputi sukses administrasi, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” kata Ketua DPR Puan Maharani, usai rapat gabungan, di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Selain itu, Puan mengungkapkan DPR mendesak pemerintah pusat dan Pemprov Papua mensukseskan PON dan Peparnas khususnya dalam hal keamanan. Tidak hanya itu, pemerintah pusat dan Pemprov Papua didesak mensukseskan penyelesaian pembangunan infrastruktur, dan ketersediaan akomodasi.

“Kemudian yang kedua, DPR RI mendesak pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Papua serta kabupaten/kota penyelenggara PON ke-XX untuk bekerja keras mensukseskan PON ke-XX dan Peparnas ke-16 khususnya dalam hal keamanan, percepatan penyelesaian pembangunan venue, dan ketersediaan akomodasi,” ujar Puan.

Puan juga mengatakan DPR mendukung BIN dan TNI-Polri menjaga keamanan Papua saat PON dan Peparnas digelar. Selanjutnya akan dilakukan pendalaman antar komisi dan lembaga terkait.

“Ketiga DPR RI mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala BIN dan TNI-Polri untuk menjamin keamanan di provinsi papua khususnya di kabupaten/kota yang menjadi penyelenggara PON 2020 dan Peparnas ke-16 tahun 2020. Karenanya dalam rapat gabungan ini nantinya tindak lanjut selanjutnya adalah pendalaman yang akan dilakukan oleh setiap komisi terkait, yaitu Komisi I, II, III dan X untuk bisa melaksanakan sukses dari penyelenggaraan PON 2020 dan Peparnas 2020,” ucap Puan.

Puan mengatakan PON dan Pepernas 2020 di Papua sebagai langkah strategis menjaga NKRI. Melalui olahraga DPR berkomitmen menyeimbangkan antara Indonesia timur dan barat.

“Kami berkomitmen bahwa sukses PON 2020 dan Peparnas ke-16 di Papua ini akan menjadi salah satu yang strategis dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini bukan sekadar sukses prestasi olahraga tapi bagaimana kemudian penyatuan atau penyeimbangan antara wilayah barat dan timur ini nantinya bisa segera terwujud untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya.

PON akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober sampai 2 November 2020. Sebanyak 37 cabang olahraga dipertandingkan.

News Feed