oleh

Antisipasi Masuknya Wabah Corona ke Jayawijaya, Terkendala Fasilitas di Bandara Wamena

-Berita, Kesehatan-334 views

Kitorangpapuanews.com – “Kalau lebih rasionalnya itukan ditempatkan oleh teman-teman di Bandara, supaya setiap penumpang masuk keluar bisa lebih awal terdeteksi di pintu-pintu itu. Tetapi itu juga tidak menjadi hambatan untuk kita untuk menempatkan petugas kesehatan di sana,”ungkapnya Kamis (23/1) saat ditemui di Kantor DPRD Jayawijaya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya menyatakan untuk mengantisipasi masuknya wabah corona ke Jayawijaya hingga kini masih terhambat dengan peralatan yang memadai untuk mendeteksi orang yang masuk dan keluar di Bandara Wamena dengan suhu badan yang tinggi, sehingga untuk memastikan itu masih kesulitan.

  Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dr. Willy Mambieuw, Sp.B mengakui jika antisipasi wabah corona ini perlu dilakukan di Jayawijaya lantaran akses masuk hanya melalui bandara. Namun hambatanya pasti di peralatan untuk melihat suhu badan penumpang baik yang keluar maupun yang masuk ke Jayawijaya setiap hari.

  Willy Mambieuw memastikan untuk mengenali ciri -ciri wabah Corona, tetap dengan ciri-ciri yang masuk, pasien yang masuk kemudian seperti suhu tinggi dan asalnya dari mana itu perlu untuk dicurigai. Yang jelas pihaknya tetap mencurigai bahwa ada tanda-tanda atau gejala yang mengarahkan ke penyakit corona ini itu tetap dilakukan pemeriksaan.

  Menurut Kadinkes, tidak  menutup kemungkinan wabah corona berpeluang masuk ke Jayawijaya, cuma untuk mengantisipasi itu memang harus memiliki alat monitoring suhu untuk setiap gerak masyarakat masuk ke wamena maupun keluar bisa bisa deteksi sehingga pencegahannya bisa dilakukan.

“Kita tetap optimis lakukan pencegahan, walaupun dengan keterbatasan peralatan yang ada saat ini namun akan diperjelas dengan pemeriksaan pasien,”katanya.

News Feed