Wow!! Papua sebentar lagi punya transportasi Kereta Api

oleh

Jakarta – Setiap provinsi saat ini sedang mengidam-idamkan memiliki moda transportasi yang mudah, murah dan modern. Salah satu moda transportasi yang dianggap mudah dan murah serta sudah modern adalah Kereta Api. Di Indonesia sendiri saat ini sedang di rencanakan beberapa pembangunan jalur KA, sebagai bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf ekonomi di masyarakat.

Tak terkecuali Papua, Provinsi paling timur di Indonesia ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara terus-menerus mematangkan rencana pembangunan jalur kereta api di Papua. Untuk tahap awal, pemerintah menargetkan bisa membangun jalur rel kereta api baru sepanjang 390 kilometer (km).

Rute rel kereta ini membentang dari Kota Sorong memanjang hingga menuju ke Kota Manokwari. Jalur kereta tersebut kemudian akan dilanjutkan hingga ke Nabire, dan berakhir di Kota Jayapura pada tahapan selanjutnya.

Dari data Ditjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub), seperti dikutip detikFinance pada Jumat (2/6/2017), pembangunan jalur kereta api di Papua dilakukan dalam beberapa tahapan.

Pada tahap pertama periode 2015-2019, fokus pembangunan yakni menyelesaikan jalur kereta api dari Sorong hingga Manokwari. Kemudian di tahap selanjutnya yakni periode 2020-2024 yakni ruas Manokwari-Nabire.

Hingga saat ini, Kementerian Perhubungan baru menyelesaikan tahapan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Detail Enginering Design (DED).

Sementara konstruksi jalur kereta api sendiri baru bisa dilakukan pada 2018 yang didanai dari APBN, dengan pengadaan lahan dimulai dari tahun ini dan ditargetkan bisa selesai pembebasan tanahnya pada 2019 nanti.

Sedangkan untuk rencana fase terakhir atau tahap ketiga di periode 2025-2030, proyek KA Papua akan menyambungkan Sarmi-Nabire-Timika. Dan direncanakan bisa disambungkan hingga ke Jayapura. (Dees)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *