Warga Asmat Sampaikan Ucapan Terima Kasih Atas Respon Cepat TNI

oleh

Kitorangpapuanews.com, Asmat – Sejak beredarnya kabar bahwa terdapat ratusan kasus gizi buruk dan wabah penyakit campak, TNI adalah salah satu institusi milik Negara yang dengan cepat membentuk Tim Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk.

TNI setidaknya mengirimkan 53 tenaga medis yang diberangkatkan dari Jakarta bersama dengan obat-obatan dan alat kesehatan lainnya, Tim ini tergabung dalam Satgas Bhakti Kesehatan TNI untuk Asmat. Kodam XVII Cenderawasih yang berkedudukan di Papua pun turut menurunkan beberapa tenaga medis yang dimiliki oleh TNI di jajaran Kodam untuk bergabung bersama Satgas Bhakti Kesehatan TNI untuk Asmat.

Dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan, Satgas Kesehatan TNI dibagi menjadi delapan Tim Kesehatan Gabungan yang terdiri atas TNI, Dinkes, Pemda Asmat dan Aparat Kewilayahan diterjunkan ke Distrik (Kecamatan) di wilayah Kabupaten Asmat dengan menggunakan speed boat sebagai transportasi utama menuju titik-titik lokasi.

Para dokter spesialis dan paramedis yang tergabung dalam Tim Kesehatan Gabungan, mendatangi rumah-rumah warga di kampung-kampung wilayah Asmat dengan memberikan pelayanan kesehatan secara langsung bagi warga yang terkena wabah penyakit.

Sementara itu, Satgas Kesehatan TNI KLB juga menempatkan dua dokter spesialis anak di RSUD Agats, Kabupaten Asmat, dikarenakan jumlah penderita anak-anak yang dirujuk dan dirawat di rumah sakit tersebut sangat banyak.  Menurut Letkol Ckm dr. Rachmanto HS.,Sp.A, kasus gizi buruk dan campak yang terjadi di Kabupaten Asmat berbeda dengan di daerah lain. “Mereka juga mengalami komplikasi radang paru, malaria dan TB. Penyembuhan pasien seperti ini perlu waktu lama dan terapi komprehensif,” katanya.

“Gizi buruk bukan sebuah penyakit seperti batuk pilek yang mudah untuk diobati, tetapi harus dilakukan secara bertahap. Apalagi demografis Asmat yang sulit dan pola hidup sehat yang masih minim,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang Ketua Adat Bapak Madep Huwaitu mewakili masyarakat menyampaikan sangat berterima kasih atas kedatangan Tim Satgas Kesehatan TNI. “Terima kasih kepada TNI, sudah cepat sekali datang ke Asmat memberikan dokter-dokter dan obat untuk anak-anak kami,” katanya.

Ia juga berharap, “Semoga penanganan wabah penyakit yang terjadi di Asmat, dapat diselesaikan secara tuntas dan baik,” tambahnya. (**)

1.559 thoughts on “Warga Asmat Sampaikan Ucapan Terima Kasih Atas Respon Cepat TNI

  1. Hey there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be
    okay. I’m absolutely enjoying your blog and look forward to new posts.

  2. The Zune concentrates on being a Portable Media Player. Not a web browser. Not a game machine. Maybe in the future it’ll do even better in those areas, but for now it’s a fantastic way to organize and listen to your music and videos, and is without peer in that regard. The iPod’s strengths are its web browsing and apps. If those sound more compelling, perhaps it is your best choice.

  3. This is really fascinating, You’re an excessively professional blogger.
    I have joined your feed and look forward to in quest of extra of your
    wonderful post. Additionally, I’ve shared your site in my social networks