WAPRES RI JUSUF KALLA : KITA TIDAK AKAN DIAM JIKA VANUATU BERANI USIK KEDAULATAN NKRI

oleh

New York, Kitorang Papua – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyampaikan pada  sidang umum PBB bahwa Indonesia tidak akan tinggal diam terhadap negara manapun yang berusaha mengusik kedaulatan teritori Indonesia. Hal ini disampaikan senada dengan pentingnya suatu negara menghormati kedaulatan negara lain. Negara yang dimaksud JK tersebut adalah Negara Vanuatu.

“Sudah terlalu lama Indonesia memilih untuk membangun hubungan persahabatan dengan Vanuatu, termasuk dalam menunjukkan solidaritas dan simpati selama masa-masa sulit,” kata JK dalam sesi debat umum Sidang Majelis Umum Ke-73 PBB di Markas Besar PBB New York, Kamis (27/9) waktu setempat, seperti dikutip Antara.

Akan tetapi, ketika tindakan bermusuhan terus berlanjut, kata JK, Indonesia tidak akan tinggal diam. Indonesia tidak akan membiarkan negara mana pun merusak integritas teritorialnya. Negara di Pasifik sisi selatan itu dianggap kerap berbuat ulah dengan memunculkan isu-isu tidak benar tentang pelanggaran HAM di Papua.

“Ada negara, ya kalau kita sebut di sini seperti Vanuatu, itu yang selalu memunculkan isu yang tidak benar tentang pelanggaran HAM, tentang tidak sahnya bergabungnya Papua ke Indonesia, itu kan melanggar prinsip-prinsip PBB itu sendiri,” kata JK usai sidang umum di Markas PBB, New York, Kamis (27/9).

JK menjelaskan masuknya Papua menjadi bagian Indonesia merupakan bagian dari resolusi PBB. Oleh karena itu, Vanuatu sebagai anggota PBB harus mengakui resolusi tersebut.

“Kan masuknya Papua itu kan resolusi PBB, bukan keputusan Indonesia saja. Kita tegas bahwa sekali lagi berbuat itu tentu kita akan juga mempunyai satu cara untuk melawan itu,” tutur JK.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.