oleh

Wanggai Tercatat Jadi Pemain Papua ke-12 yang Membela Persebaya

Kitorangpapuanews.com – Striker asal Papua Patrich Wanggai resmi bergabung ke Persebaya Surabaya, Kehadirannya melanggengkan tradisi pemain-pemain asal Papua yang membela Persebaya Surabaya.Dalam empat musim terakhir, Persebaya selalu menggunakan jasa pemain-pemain Papua.

Konferensi Pers Persebaya Surabaya usai pertandingan PS Tira Persikabo vs Persebaya pada 9 November 2019
Konferensi Pers Persebaya Surabaya usai pertandingan PS Tira Persikabo vs Persebaya pada 9 November 2019 (Tribun Bogor/Yudistira Wanne)

Dan, Wanggai tercatat menjadi pemain Papua ke-12 di Persebaya selama empat musim berturut-turut, Tercatat sejak 2017 silam atau saat masih bermain di kasta kedua Liga Indonesia, Persebaya gemar menggunakan jasa pemain asal Papua.

Saat berlaga di Liga 2 2017 misalnya, Persebaya diperkuat empat pemain berdarah Papua yakni Samuel Reimas (kiper), Nerius Alom (gelandang), Ricky Kayame (striker) dan Fandry Imbiri (bek).

Meski di akhir musim hanya Ricky Kayame dan Fandry Imbiri yang dipertahankan, namun hal tersebut tidak menutup hasrat manajemen Persebaya untuk kembali mendatangkan pemain Papua.

Pada gelaran Liga 1 2018 atau saat mereka sukses promosi ke kasta teratas Liga Indonesia, Persebaya kembali mendatangkan bakat Papua dan kali ini ada lima pemain yang masuk dalam gerbong skuad Bajul Ijo.

Mereka adalah Izaac Wanggai, Ferinando Pahabol, Ruben Sanadi, Nelson Alom, dan Osvaldo Haay. Namun, hingga kompetisi Liga 1 2018 berakhir, hanya Nelson Alom, Ruben Sanadi, dan Osvaldo Haay yang bertahan.

Di musim selanjutnya atau pada Liga 1 2019, Persebaya kembali mendatangkan satu pemain Papua yakni Elisa Basna dan mempertahankan Ruben Sanadi serta osvaldo Haay.

Saudara bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, ini menjadi pemain Papua kesepuluh yang resmi bergabung ke Persebaya dalam kurun waktu tiga musim terakhir.

Musim ini, Persebaya kembali mendatangkan pemain berdarah Papua. Sebelum mendatangkan Wanggai, mereka sudah lebih dulu mendatangkan Ricky Kambuaya.

Perekrutan Wanggai yang musum lalu membela Kalteng Putra ini secara resmi diumumkan Persebaya pada Selasa (7/1). “Patrich Wanggai resmi menjadi pemain Persebaya,” tulis Persebaya di akun resmi Instagramnya.

Klub berjuluk Bajul Ijo itu berharap Wanggai bisa menambahkan ketajaman di lini depan Bajul Ijo. Pemain Papua tersebut pun harus bekerja keras untuk menjadi pilihan utama.Maklum, Persebaya punya David da Silva yang mengoleksi 14 gol pada musim lalu.

Sementara Wanggai mengoleksi tujuh gol bersama Kalteng Putra pada musim lalu, meski akhirnya Kalteng harus terdegradas ke Lig 2. Wanggai tercatat menjadi pemain lokal keempat yang bergabung dengan Persebaya pada musin ini.

Sebelumnya, tim besutan Pelatih Aji Santoso ini merekrut Arif Satria, Bayu Nugroho, dan Ricky Kambuaya. Untuk pemain asing, Persebaya baru merekrut Mahmoud Eid.

Pemain asal Palestina ini menghabiskan kariernya di Swedia. Pemain berusia 26 tahun ini juga bertalenta karena bisa bermain di berbagai posisi seperti penyerang dan gelandang.

Musim lalu, Persebaya Surabaya tidak memiliki opsi di ujung tombak. Pada putaran pertama Liga 1 2019, hanya Amido Balde yang menjadi striker murni.

Lalu, pada putaran kedua, David da Silva menjadi tumpuan utama dan masih satu-satunya. Memang, masih ada Osvaldo Haay, tapi itu bukanlah posisi aslinya.

Pada putaran bertama, beberapa kali Manuchekhr Dzalilov terpaksa dimainkan sebagai false nine.Atau pada putaran kedua, terkadang Diogo Campos dimainkan pada posisi itu.

Makanya, musim ini mereka memutuskan merekrut Wanggai yang seorang striker murni, Dalam tiga musim terakhir, performa Wanggai cukup stabil.

Mantan kapten tim sepak bola Papua Barat pada PON 2008 tersebut musim lalu bermain dalam 27 pertandingan, mencetak tujuh gol, dan empat assist.

Cukup signifikan untuk penyerang lokal di tengah kepungan striker asing di Liga 1.Sebelumnya, Wanggai membela Persib Bandung pada Liga 1 2018 dengan menyumbangkan enam gol.

Pada Liga 1 2017, pemain berusia 32 tahun tersebut mencetak enam gol untuk Sriwijaya FC, Musim ini, dia datang ke Persebaya untuk menjadi pelapis bagi Da Silva.

News Feed