Veronica Koman Menolak Bungkam Kabarkan Soal Papua Meski Diancam Dibunuh

oleh -16 views
Veronica Koman Menolak Bungkam Kabarkan Soal Papua Meski Diancam Dibunuh
veronica koman.

Kitorangpapuanews.com – Pengacara pro-Papua asal Indonesia Veronica Koman mengatakan dia kini mendapat ancaman pemerkosaan dan pembunuhan setiap hari karena kerap mengabarkan apa yang terjadi di Papua dan Papua Barat melalui akun Twitternya.

Veronica kini tinggal di Australia dan sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) pihak kepolisian karena dianggap menyebarkan hoaks tentang Papua.

“Saya mulai mendapat ancaman pembunuhan dua tahun lalu dan sekarang hampir setiap hari ada ancaman pembunuhan dan pemerkosaan dari Internet,” kata perempuan 31 tahun itu dalam wawancara khusus dengan stasiun televisi Australia, SBS, kemarin.

“Mereka ingin membunuh si pembawa pesan. Mereka tidak bisa membantah data saya. Semua cuplikan video itu tidak bisa mereka bantah jadinya mereka ingin menghancurkan kredibilitas saya.”

Veronica mulai terlibat dalam perjuangan warga Papua Barat untuk merdeka pada 2014 ketika insiden lima pendemo di Papua diduga dibunuh dan 17 lainnya luka karena diserang militer Indonesia. Kejadian itu dikenal dengan Pembunuhan Paniai.

“Pada waktu itu saya berpikir ‘wah mengapa tidak ada yang marah? Anak sekolah dibunuh oleh aparat’,” kata dia.

“Sejak itu ini menjadi misi pribadi saya untuk mengungkap apa yang terjadi di Papua Barat.