oleh

Vegetasi Rusak, Teluk Youtefa Terancam

-Artikel, News, Publik-746 views

Kitorangpapuanews.com -JAYAPURA-Salah satu akademisi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Yehuda Hamokwarong mengingatkan masyarakat di kawasan Teluk Youtefa untuk tidak membabat habis lahan tanaman yang ada di sepanjang teluk. Mulai dari pohon besar maupun yang berjenis pandan dan lainnya.

Ini agar kondisi tanah atau pasir di teluk tetap terjaga meski mendapat terjangan air. Yehuda menyampaikan bahwa masyarakat di kampung perlu memahami soal kondisi asli teluk dan tidak merubahnya sedemikian cepat.

“Yang saya perhatikan seperti itu, mulai dari jembatan hingga Holtekam sudah dibersihkan. Ini kalau air pasang atau terjadi anomali iklim maka air akan  berbalik ke arah darat dan merusak fasilitas disepanjang teluk termasuk jembatan. Ini seperti yang sudah terjadi di Mendug, yang tak jauh dari lokasi jembatan,” kata Yehuda melalui ponselnya, Kamis (2/1).

Untuk jangka pendek kata Yehuda memang menarik karena bersih dan  membuat warga ingin mampir tapi untuk jangka panjang justru bisa menimbulkan masalah.

Ia mengatakan jika semua dibersihkan dan merusak vegetasinya maka akan memberi dampak besar bagi teluk. Pikirannya perlu ada rekayasa  untuk mengantisipasi. Harus diisi kembali untuk memperkuat struktur tanah dengan menanami pohon berakar tunggang.

News Feed