oleh

Usai Serangan KKB di Ilaga, Papua, Ratusan Warga Mengungsi di Mapolres

-Kriminal, News, Publik-543 views

Jayapura, Kitorangpapuanews.com– Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) Kabupaten Puncak, Letkol Inf Agus Sunaryo, menyebutkan pengungsi di Ilaga, Kabupaten Puncak, telah mencapai ratusan orang dan saat ini masih mencari tempat aman untuk mengungsi.

“Kemarin memang ada kontak tembak, tapi hanya sebentar. Mereka menakuti warga. Tidak ada korban jiwa dalam kontak tembak hari Minggu (29/9) kemarin,” kata Agus, saat dihubungi lewat telepon, Senin (30/9).

Kata Agus, saat ini ratusan warga Ilaga mengungsi akibat teror dari kelompok kriminal bersenjata (KKB). “Pengungsi saat ini berada di Polres, Koramil, dan kantor pemerintahan dan tadi pagi sudah ada pengungsi yang ke Timika,” ujarnya.

Agus menambahkan, aparat keamanan masih bersiaga melakukan penjagaan terhadap serangan susulan KKB. “Kami tidak bisa mengejar pelaku karena dalam posko ada masyarakat yang perlu dilindungi,” ujar Ary.

Sebelumnya, KKB menyerang wilayah Ilaga yang menjadi ibu kota Kabupaten Puncak pada Minggu siang (29/9). Penyerangan menyebabkan baku tembak dengan aparat gabungan TNI-Polri.Bupati Puncak, Willem Wandik, mengatakan penyerangan dan penembakan berlangsung secara terbuka pada siang hari. “Mereka datang dengan rombongan-rombongan menyerang Kota Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak. Serangan itu dilakukan secara terang-terangan pada siang hari,” kata Wandik.

Kata Wandik, penembakan dan penyerangan kelompok bersenjata telah berlangsung sejak Sabtu malam (28/9) pada pemilik kios di sekitar Bandara Aminggaru Ilaga, Puncak. Mereka membakar kios-kios yang ada di Kampung Kimak, Distrik Ilaga.

“Jadi setelah penembakan warga di kios, mereka datang dengan jumlah besar membakar kios-kios di Kampung Kimak, Distrik Ilaga. Kemudian mereka (KKB) melanjutkan penyerangan ke dalam Kota Ilaga,” kata Wandik.

Wandik menyebutkan penjagaan di Ilaga dilakukan secara maksimal. Ia berpesan kepada aparat keamanan untuk tetap memberikan perlindungan kepada warga di Puncak.

“Penyerangan KKB ke dalam Kota Ilaga adalah fenomenal. Aparat keamanan dan warga harus waspada dalam menghadapi situasi ini,” ujarnya.

News Feed