Upacara Hari Lahir Pancasila di Kampung Adat Merah Putih Wamena

oleh -120 views

Wamena, Kitorang Papua – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 di Tugu Pepera, Kampung Adat Merah Putih Hulogatnem, Distrik Silo Sukarno Doga, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Bupati Jayawijaya, Jhon Ricard Banua, SE, M.Si menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh SKPD Jayawijaya, ASN, Tokoh Adat dan Kepala Adat Distrik Silo Sukarno Doga juga unsur TNI/Polri di Kabupaten Jayawijaya.

Dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI saat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dibacakan Bupati Jayawijaya dikatakan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pancasila menjadi suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi Geografis, Flora, Fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat yang hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses Internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Berkat Pancasila yang berkelir dengan nilai-nilai Inklusivitas, Toleransi dan Gotong Royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalan wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”.

Ia juga berharap dengan peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, perlu dijadikan sebagai sumber Inspirasi “Politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara.