oleh

ULMWP Ternyata Bersaing Dengan WPLO, Dunia Internasional Bingung

-Artikel, Kriminal-2.436 views

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Kampanye Free West Papua yang dilakukan oleh ULMWP sejak lama di beberapa forum internasional sampai saat ini tidak menghasilkan apa-apa, justru hanya mendapatkan penolakan-penolakan dari Negara-negara internasional dan Komite Dekolonisasi PBB pada sidang umu PBB bulan September 2017 yang lalu.

Alasan penolakan tersebut dikarenakan kampanye yang dilakukan oleh ULMWP (Benny Wenda) dianggap tidak masuk akal, data yang disajikan oleh Benny Wenda kepada Komite Dekolonisasi PBB pun tidak valid dan reliable.

Sementara itu, berdasarkan konfirmasi Ketua Dekolonisasi PBB, Rafael Ramirez, menyatakan kampanye yang dilakukan oleh Benny Wenda pada sidang umum PBB bulan September 2017 dilakukan dengan penyerahan referendum, namun Ramirez menilai referendum tersebut tidak memenuhi unsur validitas dan reliabilitas sehingga dianggap mengada-ada.

Beberapa tahun terakhir ini, ternyata ULMWP tidak sendiri dalam mengkampanyekan Free West Papua, sebuah kelompok yang menamakan dirinya kelompok Kobe Oser dari WPLO yang dipimpin oleh Ben Kaisiepo juga mengkampanyekan Free West Papua yang berpusat di New York Amerika.

Berbeda dengan ULMWP, kelompok Ben Kaisiepo ini menyangkal kampanye yang dilakukan oleh ULMWP karena dianggap hanya mencari keuntungan pribadi semata, Ben pun tidak sependapat dengan ULMWP karena sistem yang diusung adalah sistem Negara federal, sedangkan kelompok Kobe Oser (WPLO) mengusung sistem demokrasi.

Cara berkampanye kedua kelompok ini pun bersebrangan, ULMWP melakukan kampanye dengan mengangkat isu HAM ke berbagai Negara, sedangkan Kobe Oser (WPLO) melakukan kampanye dengan mengangkat isu sejarah papua pada forum UNPFII yang merupakan wadah masyarakat adat di seluruh dunia.

Perbedaan tujuan dan konsep berpikir tersebut membuat Dunia Internasional terutama PBB (Komite Dekolonisasi) menilai kampanye-kampanye yang dilakukan oleh kedua kelompok ini sangat kental dengan kepentingan pribadi dan terkesan hanya mencari keuntungan pribadi semata. (**)

News Feed