oleh

TRAGIS : SEMPAT JALANI PERAWATAN, WARGA SIPIL KORBAN PENEMBAKAN KKB AKHIRNYA MENINGGAL DUNIA

-Artikel, Berita, News-87 views

Kitorangpapuanews.com – Seorang warga sipil Yulius Wetipo (34), korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) warga Kenyam Kabuaten Nduga akhirnya meninggal dunia pada hari Rabu 7 Oktober 2020 sekitar pukul 02.00 WIT.

Korban meninggal di Rumah sakit Charitas Timika, setelah mendapat penanganan dari tim medis.

Seperti yang sudah diberitakan, insiden berdarah yang menimpa satu orang warga sipil atas nama Yulius Wetipo, terjadi pada Selasa (06/10/2020), tepatnya pada pukul 07.15 WIT.

Sebelum kejadian itu, Pos TNI di Pasar Baru Kenyam mendapat gangguan tembakan dari KKSB sebanyak tiga kali tembakan dari arah sungai depan kamp PT Dolarosa.

Pada saat yang sama melintas sebuah motor yang dikendarai oleh korban menuju ke kamp PT Dolarosa untuk masuk kerja. Saat melintas pos, korban sudah diingatkan untuk berbalik arah karena sedang ada gangguan tembakan dari KKSB. Namun korban tetap melanjutkan perjalanan.

Saat gangguan tembakan KKSB terjadi lagi sebanyak lima kali, korban baru berbalik arah namun kemudian korban terkena tembakan dan terjatuh.

Danpos TNI yang ada di Pasar Baru Kenyam segera memanggil ambulans untuk membantu evakuasi korban ke Puskesmas terdekat sambil menunggu gangguan tembakan reda.

Sampai dengan gangguan tembakan dari KKSB terhenti, seluruh prajurit di pos tersebut tidak ada yang membalas tembakan. Hal ini karena sumber dan arah tembakan yang tidak menentu.

Korban kemudian diantar ke Puskesmas Pasar Baru Kenyam untuk mendapatkan penanganan medis. Setelah mendapat penanganan pertama dari puskesmas korban dibawa ke Bandara Kenyam untuk dievakuasi ke Timika.

Selanjutnya dievakuasi dengan pesawat ke Timika untuk dirawat di RS Charitas Timika. Namun pada akhirnya nyawa warga sipil korban penembakan tidak bisa diselamatkan.

Selama ini KKB selalu menyuarakan bahwa perjuangan mereka selama ini adalah  demi masyarakat Papua. Namun apa yang kita lihat selama ini, berbanding terbalik dimana masyarakat Papua terus menjadi korban kekejaman KKB.

KKB terus saja melakukan tindak kekerasan sehingga banyak masyarakat Papua menjadi korban. Mereka tidak segan, mengorbankan dan menumpahkan darah saudara mereka sendiri demi kepentingan kelompoknya.

Hal ini membuka mata kita, bahwa yang menebar teror selama ini di Papua adalah mereka (KKB), yang selalu mengatas namakan perjuangan masyarakat Papua. Akantetapi masyarakat Papualah yang selalu menjadi korban dari aksi kekerasan yang mereka lakukan.

News Feed