oleh

Tober : Masyarakat harus dingin dan jangan terprovokasi

-Artikel, Sosial-2.026 views

Jayapura – Isu yang sengaja disebarkan oknum mahasiswa yang sedang dalam penyelidikan pihak kepolisian tentang pembakaran Alkitab di Padang Bulan Distrik Heram Kota Jayapura, Papua adalah Hoax atau kabar bohong.

Hal ini dikatakan Kapolres Jayapura, AKBP Tober Sirait yang berhasil dikonfirmasi oleh awak media dan mengatakan bahwa informasi adanya pembakaran Alkitab tersebut tidak benar. Isu tersebut segaja disebar oleh pihak tak bertanggung jawab agar menimbulkan situasi yang tidak kondusif di Jayapura.

“Jadi begini, ada tumpukan kertas di bak sampah kemudian dibakar. Nah diisukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab kalau itu tumpukan buku Alkitab,” kata Tober, ketika dikonfirmasi, Kamis (25/5).

Saat ini tim gabungan dari Polda Papua dan TNI sedang melakukan penyelidikan tentang tumpukan kertas yang dimaksudkan dan oknum mahasiswa pelaku penyebaran isu tersebut.

“Sekarang tim Polda Papua dan PM TNI di sini sedang menyelidiki tumpukan kertas itu dan mencari penyebar isu pembakaran Alkitab tersebut,” jelasnya.

Kapolda Papua, yang di dampingi Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Herman Asaribab, Kamis (25/5) sekitar pukul 14.00 WIT tiba dilokasi pemalangan jalan untuk meredam dan membubarkan massa yang melakukan pemalangan jalan.

“Massa banyak yang datang dari daerah sekitar padang bulan, sehingga ini semakin memperkeruh keadaan, ditambah ada indikasi pengerahan massa ini ditunggangi oleh KNPB. Namun saat ini kondisi keamanan sudah kondusif, TNI dan Polri akan terus memperketat kondisi keamanan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” katanya.

Tober juga menghimbau agar masyarakat tidak ikut menyebarkan berita-berita Hoax yang belum tentu kebenarannya, karena hal tersebut dapat dikenakan undang-undang pidana.(dees)

 

News Feed