oleh

TNI-Polri Dahulukan Langkah Persuasif Hadapi Penyanderaan Di Tembagapura

-Artikel, Kriminal-3.172 views

Kitorangpapuanews.com, Jayapura  – Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, menegaskan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam atas penyanderaan yang dilakukan atas aksi Tentara Pembebasan Nasional-Organiasi Papua Merdeka (TPN-OPM) terhadap sekitar 1.300 warga yang bermukim di sekitar Kimberly hingga Banti, Distrik Tembagapura, Kab. Mimika.

Kepada wartawan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/11), Panglima TNI menyebut pihaknya sampai saat ini masih melakukan pengintaian di lokasi penyanderaan, sembari berkordinasi dengan Polisi, yang selama ini menangani aksi-aksi oleh TPN-OPM di Papua.

“Kami akan melakukan tindakan, tapi prioritas utama adalah mengamankan masyarakatnya, dengan langkah-langkah yang soft (red: lunak) bersama kepolisian, apabila langkah soft tidak bisa, maka kami akan melakukan langkah selanjutnya,” katanya.

TNI masih terus berkordinasi dengan pihak Kepolisian yang bertanggungjawab terhadap penindakan TPN-OPM selama ini. Panglima TNI menyebut untuk penanganan penyanderaan ini, yang melakukan kordinasi adalah Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit, dan Kapolda Papua, Irjen Boy Rafli Amar.(**)

News Feed