TNI Diminta Sosialisasikan Pengetahuan Hidup Sehat Kepada Warga Asmat

oleh

Kitorangpapuanews.com, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan masyarakat di Kabupaten Asmat, Papua, perlu diberikan pengetahuan tentang kebiasaan hidup bersih.

“Ada kebiasaan yang perlu diedukasi di sana, misalnya bagaimana agar setelah buang air tidak jadi penyakit,” kata Moeldoko di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat.

Upaya tersebut perlu direalisasikan, karena kejadian luar biasa (KLB) penyakit campak dan gizi buruk di Asmat, disebabkan oleh kebiasaan masyarakat yang sehari-hari kurang memperhatikan kesehatan.b”Di sana ada kodim, yang punya satuan kesehatan. Mereka bisa dibekali soal ini dan obat-obatan,” ujar dia.

Menurut Moeldoko, hal itu sudah ia sampaikan ke Menkes Nilla Moeloek dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. “Nanti akan dikomunikasikan dengan aparat di sana, karena mereka yang setiap hari melekat,” tambah Moeldoko.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek juga membenarkan perilaku masyarakat Asmat yang membuat penyakit dan gizi buruk berkembang. “Dari campak, kemudian turun ke diare. Sekarang kekurangan gizi, artinya kebersihan bermasalah,” kata dia.

Nila mengatakan pihaknya bersama TNI dan Polri, telah mengirimkan bantuan berupa obat-obatan dan bahan logistik ke Kabupaten Asmat.

“Kapolda (Irjen Polisi Boy Rafli Amar)di sana juga sudah kerja sama dengan Kemenkes. Eselon 1 juga telah berkoordinasi dengan KSP, jadi semuanya terintegrasi. Ini mesti diselesaikan,” terang dia. (**)