Tinggalkan OPM Dan Daftar CPNS Untuk Mengabdi Kepada Bangsa Dan Negara

oleh

Kitorangpapuanews.com – Puncak Jaya, – Menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah hak seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), tanpa terkecuali dan membutuhkan proses yang panjang serta berliku-liku. Oleh Sebab itu di Puncak Jaya Papua, mantan Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya.

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda mengatakan bahwa sejumlah mantan anggota TPN-OPM, mendaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), ketika tes CPNS Formasi 2018.

“Mereka sebenarnya kan WNI, yang berdomisili di Kabupaten Puncak Jaya sehingga saya juga rasa mereka adalah masyarakat saya sendiri. Kami sangat terbuka untuk mereka (Eks mantan anggota TPN-OPM) mau ikut tes CPNS ini,” Kata Bupati Puncak Jaya.

Ia mengaku, Pemkab Puncak Jaya membuka diri bagi siapa saja yang ingin mengabdi di pemerintahan, termasuk kelompok yang bersebrangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun tidak hanya itu, Bupati juga menjelaskan terkait ijazah mereka, ia sebelum dibukanya pendaftaran CPNS telah memerintahkan kepada Dinas Pendidikan Puncak Jaya untuk mendata mantan TPN-OPM yang telah turun gunung kemudian didaftarkan untuk mengikuti pendidikan paket C yang ijazahnya setara SMA/SMK.

“Kalau mereka ingin jadi ASN bisa, tapi mereka wajib harus ikut pendidikan paket C dengan ijazah setara SMA/SMK, itu kebijakan yang telah kita lakukan,” Tutup Yuni.