oleh

Tiga Pendekatan Tangani Masalah Papua Sudah Tepat

-Artikel-811 views

kitorangpapuanews.com — Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo menilai tiga pendekatan untuk mengatasi permasalah di Papua sudah tepat. Ketiga pendekatan itu yakni, kesejahteraan, keadilan dan budaya. “Ketika Pak Yoris datang ke saya dan menyampaikan bahwa dalam penanganan permasalahan di Papua dapat dilakukan dengan 3 pendekatan yaitu kesejahteran, keadilan dan budaya. Saya menilai 3 pendekatan ini tepat,” kata Bamsoet saat berkunjung di Jayapura, Selasa (3/3).

Bamsoet menuturkan, kehadirannya di Papua untuk memastikan masyarakat di tanah Papua hidup sejahtera, seperti masyarakat di wilayah Indonesia lainnya. “Niat tujuan kita datang ke sini untuk memastikan saudara kami di tanah Papua hidup sama sejahtera dengan wilayah yang lain,” katanya.

Dia pun mengaku sangat senang berada di Papua. “Saya senang berada disini, tanah yang diberkati dan konon bila di Papua, maka akan mendapat tanda heran satu dan tanda heran lainnya,” tuturnya dihadapan para tokoh Papua. Menurut Bamsoet, Pemerintah Indoensia memiliki PR (Pekerjaan Rumah) besar sejak kemerdekaan tahun 1945. Tuntutan sila ke-2 dan sila-5 yang kini tengah diupayakan terus menerus oleh Pemerintah Jokowi di Papua.

“Kita memiliki PR besar sejak kemerdekaan tuntutan sila ke-2 (kemanusiaan yang adik dan beradab) dan ke-5 (keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia). Inilah yang sedang kita upayakan terus menerus sejak pemerintahan Jokowi (yang) begitu besar perhatian beliau terhadap Papua,” katanya.

Pemerintah Indonesia telah memberikan keistimewaan bagi Papua melalui Otonomi khusus (Otsus) yang akan berakhir pada tahun 2021. Namun Bamsoet merasa heran dana Otsus yang begitu besar belum mampu mendorong kesejahteraan masyarakat Papua. “Kita sepakat manakala akan berakhir tahun 2021, (Otsus) kita akan dorong untuk diperpanjang. Kita sangat peduli dan mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian kepada anak-anak kita sekolah di luar negeri, harus mendapatkan pekerjaan yang layak,” ujarnya.

News Feed