TERNAK BABI YANG MENJANJIKAN

oleh

Merauke, Kitorang Papua – Hewan Babi adalah hewan yang laku di Papua. Tak salah lagi jika berbisnis melalui peternakan babi adalah hal yang menjanjikan di Papua. Hal ini merupakan peluang untuk berusaha dan membangun perekonomian Papua.

Sebagaimana seorang Rohaniawan Katolik, Pastor Anselmus Meo, SVD terus mendorong orang asli Papua (OAP) mulai dari Ndalir sampai Kondo agar beternak babi. Sejak tahun 2015 silam, pihaknya merintis usaha beternak babi dan terus dikembangkan sampai sekarang.

“Saya mengembangkan sampai 40 ekor babi dan beberapa waktu lalu dibeli oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke untuk dibagikan kepada masyarakat di Distrik Ilwayab,” kata Pastor Ansel, Jumat (28/12).

Sehingga, lanjut dia, saat ini hanya tersisa beberapa ekor babi di kandang. Dalam waktu dekat, akan dicari 20 ekor lagi untuk persiapan, karena mesin produksi pakan ternak sudah ada.

“Setiap hari saya bersama masyarakat, sehingga terus mendorong agar usaha beternak babi harus terus dikembangkan,” ungkap pastor itu.

Agustina Gebze, salah satu perempuan Marind, mengaku terus belajar dari Pastor Ansel, sehubungan dengan usaha beternak babi dan lain-lain.

“Sudah beberapa bulan, kami mengikuti Bapa Pastor dan banyak hal positif didapatkan. Kami diajarkan bagaimana beternak babi maupun mengembangkan usaha ekonomi produktif lain,” katanya.

Ayo kitorang ramai-ramai ternak babi. Majukan deng pu modal, jangan ko buat hura-hura. Majukan ini, rakyat Papua sejahtera. (*)