Tembus Sungai Mamberamo, TNI Evakuasi Anak Penderita Malaria

oleh

Kitorangpapuanews.com,MERAUKE  – Prajurit TNI dari Satgas Yonif 755/Yalet Kostrad mengevakuasi anak penderita malaria, Alfinus Baso (10). Evakuasi tersebut menempuh jarak sejauh 120 kilometer dengan menembus anak Sungai Membramo, Papua.

Proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan speed boat dari Kampung Dorman ke Puskesmas Mamberamo Hulu, Kabupaten Mamberamo Raya.

“Inisiatif tersebut berawal dari informasi yang diperoleh anggota. Ada anak yang menderita malaria belum mendapat penanganan medis selama 10 hari,” kata Dansatgas Yonif 755/Yalet Kostrad, Mayor Inf Agus Rediyanto, dalam siaran pers yang diterima iNews.id di Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (11/6/2019).

Mendapat informasi tersebut, prajurit TNI yang bertugas di Kampung Benawa, segera berkoordinasi dengan Kodim dan Koramil serta Dinas Kesehatan setempat.

Menurut dia, dari Kampung Dorman menuju puskesmas, hanya dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat melintasi Sungai Mamberano. Sedangkan tidak semua warga memiliki alat transportasi tersebut.

“Selain faktor jarak, sewa speed boat juga sangat membebani warga,” ujar dia.

Malaria juga dialami anggota TNI yang bertugas di Papua. Waktu 10 hari merupakan penderitaan yang sangat berat bagi anak yang baru berusia 10 tahun. Karena itu, anggota yang bertugas bergegas mengevakuasi korban menuju puskesmas.

“Satu orang anggota menggendong Alfinus dan satu lagi memegang Infus menuju ke speed boat yang berada di Sungai. Alhamdulillah setelah menempuh perjalanan sekitar tiga jam, korban dapat dievakuasi ke Puskesmas,” katanya.