oleh

Tembagapura Mencekam, Ratusan TPN-OPM Aniaya Warga Kimbely dan Banti

-Artikel, Kriminal-2.388 views

Kitorangpapuanews.com, Mimika – Kelompok bersenjata di Wilayah Tembagapura yang menamakan dirinya Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) kembali melakukan aksinya di sekitar Kampung Kimberly hingga Banti, Distrik Tembagapura. Selain melarang warga beraktifitas di luar kampung, mereka juga melakukan kekerasan terhadap warga.

“TPN-OPM ini sudah melakukan berbagai kejahatan, seperti merampas harta benda, menjarah ya, termasuk ada beberapa waktu lalu itu melakukan pemerkosaan dan penyiksaan kepada warga yang saat ini disandera oleh kelompok TPN-OPM tersebut, jumlah sanderanya mencapai seribuan lebih,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kamis (9/11).

Menurut Boy Rafli, penyanderaan terhadap warga telah dilakukan selama dua hari. Namun, tindak kejahatan lainnya sudah terjadi seminggu terakhir. Minggu lalu, lanjut Boy Rafli, kelompok ini juga menembaki mobil ambulans yang sedang membawa seorang ibu yang baru melahirkan.

Ia menambahkan bahwa Kelompok tersebut merupakan kelompok yang telah lama menjadi DPO kepolisian. Mereka juga merupakan kelompok yang menembak mati seorang anggota Brimob, pada 21 Oktober lalu.

Lebih dari seribu warga yang bermukim di sekitar Kimberly hingga Banti, Distrik Tembagapura, Jayapura, Papua disandera oleh Kelompok mereka. Aksi ini dilakukan di dalam kampung mereka sendiri dan sudah berlangsung dua hari.

“TNI dan Polri akan bersinergi secara cepat melakukan tindakan untuk menyelamatkan warga yang di sandera oleh kelompok TPN-OPM, berdasarkan laporan, kelompok TPN-OPM berkekuatan sekitar 200 orang dengan persenjataan  30 pucuk senjata api, panah dan parang,” ujar Kapolda. (**)

News Feed