oleh

Target Penerima Bansos Sebanyak 32 ribu, Giliran OAP Tak Memiliki Identitas Dapat Bantuan Bahan Makanan

-Berita-23 views

Kitorangpapuanews.com Komoditi yang disiapkan, mulai dari sagu, ubi jalar, ubi kayu, pisang dan komoditas pangan lokal lainnya, termasuk bawang, tomat, rica.

“Bahan panganan ini kami beli hampir secara keseluruhan dari pedagang asli Papua dengan kualitas baik, bergizi dan sehat,” katanya.

Pemerintah Provinsi Papua menyerahkan  17.981 paket bahan makanan (bama) kepada Orang Asli Papua (OAP) yang tidak memiliki kartu identitas diri yang tersebar di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Lokasi pemberian bama dilakukan pada 4 titik yakni di Kantor Bupati Jayapura sebanyak 4.741 paket bama, Lapangan Trikora Abepura 6.654 paket bama, Kelurahan Koya Timur, Distrik Muara Tami sebanyak 2.651 pake bama dan Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara sebnayak 3.935 paket bama.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menyebutkan bantuan kali ini dikhususkan bagi OAP yang tidak memiliki KTP. “Walau begitu, OAP yang memiliki KTP tetap dapat bantuan yang dikoordinasikan dengan bupati dan walikota setempat,” Klemen, Sabtu 16 Mei 2020.

Klemen memahami bagi OAP yang tak memiliki identitas diri ada kendala dalam bantuan bama di kabupaten dan kota, untuk itu Pemprov Papua yak mengambil langkah untuk pemberian bantuan ini.

“Terlebih ada kebijakan Otsus pada provinsi dan dinas terkait yang menangani masalah ini dan kami tetap melakukan pendataan bagi mereka yang telah menerima bantuan bama,” katanya.

Kata Klemen, target penerima Bansos sebanyak 32 ribu dan Provinsi Papua telah menyalurkan 17.991, sementara sisanya akan ditangani lewat kabupaten dan kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Samuel Siriwa mengatakan panganan lokal yang disiapkan berasal dari pasar tradisional di 4 titik.

News Feed