Tak Pernah Akur, Jadi Sebenarnya Siapa Yang Diperjuangkan Oleh ULMWP, KNPB dan NRFPB?

oleh

Kitorangpapuanews.com – Pernahkah kita merenung, sebenarnya apa yang diperjuangkan oleh kelompok-kelompok anti pemerintah seperti KNPB, NRFPB dan ULMWP? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh beberapa tokoh politik baik didalam maupun diluar negeri, bahkan rakyat Papua sendiri mempertanyakan hal tersebut dibanyak media sosial maupun media online.

KNPB dan NRFPB sendiri memfokuskan diri untuk berkampanye di dalam negeri untuk memisahkan Papua dengan Indonesia, sedangkan ULMWP berkonsentrasi berkampanye di luar negeri.

Namun dari mulai berdirinya ketiga kelompok ini sampai sekarang, tidak pernah terlihat visi dan misi yang sama, hal ini juga yang menguatkan Komite Dekolonisasi PBB menolak secara tegas referendum yang diserahkan oleh ULMWP pada kesempatan sidang Umum PBB pada September 2017 yang lalu.

Komite Dekolonisasi PBB menilai bahwa ULMWP mengarang hasil referendum dan memalsukan data, asalan berikutnya adalah ULMWP tidak pernah mewakili seluruh rakyat Papua, bahkan di dalam Papua sendiri pun masih ada kelompok-kelompok lain dengan kepentingan yang berbeda-beda, kepentingan tersebut lebih merujuk kepada satu tujuan, yaitu kepentingan segelintir orang.

KTT MSG Ke-21 pada tanggal 10-15 Februari 2018 yang digelar di PNG, menunjukan sebuah fenomena konflik antar kelompok-kelompok ini, dalam KTT tersebut datang beberapa orang dari ketiga kelompok tersebut, namun tidak ada sinergitas antar ketiganya, justru lebih terlihat saling menjatuhkan. Bahkan Jacob Rumbiak yang merupakan tokoh ULMWP sendiri, keluar dari KTT tanpa keterangan yang jelas, diindikasikan Jacob Rumbiak merasa malu karena Benny Wenda dan Okto Motte dipaksa turun dari podium oleh seluruh delegasi karena arah pembicaraannya sudah ngawur dan diluar konteks.

Dengan fenomena tersebut, tentunya rakyat Papua lebih cerdas, ketiga kelompok ini terbukti tidak pernah memperjuangkan rakyat Papua, lebih kental mereka memperjuangkan kepentingan kekuasaan, materi dan popularitas pribadi saja. (**)