Tahukah Anda?? Ini dia 6 peningkatan taraf kesehatan di Papua

oleh

JAYAPURA – Mungkin kita berpikir bahwa taraf kesehatan di Papua belum berkembang. Namun, buang jauh-jauh pikiran tersebut, karena berikut ini beberapa kemajuan taraf kesehatan di Papua yang akan terus dikembangkan dan ditingkatkan, baik dari fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan sampai jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah bagi warga Papua untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Papua. Penasaran?? Berikut ini enam kemajuan dalam bidang kesehatan di Papua :

1. Fasilitas Kesehatan yang semakin lengkap dan modern.

Pemerintah mencanangkan pembangunan fasilitas kesehatan di seluruh daerah Kabupaten/Kota di Papua melalui program Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), sampai saat ini pembangunan fasilitas kesehatan tersebut masih terus dibangun untuk melayani masyarakat Papua terutama di daerah pedalaman Papua.

2. Beasiswa pada jurusan kesehatan untuk para siswa Papua.

Setiap tahun pemerintah memberikan beasiswa kepada 1047 pemuda/pemudi terbaik Papua untuk dididik dan dilatih di berbagai sekolah dan universitas di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya di sekolahkan di jurusan kedokteran, farmasi, keperawatan dan kebidanan. Hal tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mempersiapkan tenaga terampil yang nantinya akan ditempatkan di seluruh wilayah Papua untuk melayani masyarakat dalam bidang kesehatan.

3. Tenaga kesehatan yang terampil

Tahun 2017 Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi terus menambah tenaga kesehatan non PNS, dan secara bertahap mengangkat tenaga kesehatan yang sudah beberapa tahun mengabdi menjadi PNS. Dinkes Provinsi Papua bersinergi dengan Dinkes di masing-masing Kota/Kabupaten untuk senantiasa memenuhi kekurangan tenaga kesehatan yang terampil. Seperti di Kabupaten Mimika, akan merekrut sebanyak 506 orang tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di Puskesmas di daerah sekitar Mimika dan Pedalaman. Begitu pun dengan Kota/Kabupaten lainnya di seluruh Papua yang terus-menerus mencetak dan menambah tenaga kesehatan baik dari putra daerah maupun dari luar daerah.

4. Jaminan kesehatan untuk masyarakat Papua

Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk wilayah Papua hingga akhir 2016 telah menembus angka 498.451 jiwa atau mencapai 93 persen. “Kami akan akan terus berupaya mencapai 100 persen dari target yang ditentukan BPJS Kesehatan Pusat ” ujar Pejabat Sementara Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional XII Maluku-Papua, Hindro Kusumo. Ini adalah sebagai bukti bahwa pemerintah secara serius sangat memperhatikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Papua.
5. Pelatihan-pelatihan keterampilan kesehatan

Balai Latihan Kesehatan (Balatkes) Provinsi Papua sudah siapkan berbagai kegiatan peningkatan SDM. Setelah terakreditasi B plus sebagai lembaga penyelenggara pelatihan sumber daya manusia kesehatan yang kredibel terbaik di wilayah paling Timur Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI). “Untuk tahun 2017 Balatkes sudah menyiapkan 10 jenis kegiatan program pelatihan peningkatan sumber daya manusia bidang kesehatan di Provinsi Papua,” ungkap Kepala Balai Latihan Kesehatan Papua.

6. Pembangunan Sanitasi untuk masyarakat di pedalaman

Melalui Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP), Papua dan Papua Barat adalah provinsi yang menjadi fokus utama pemerintah. Pasalnya, sampai akhir 2016, kualitas sanitasi di Papua dan Papua Barat baru mencapai 53 persen dari target pemerintah yaitu 93 persen.
Pada tahun 2017 ini, sanitasi di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat terus di bangun dan benahi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Papua dan Papua Barat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *