Suku Korowai Dapat Bantuan Asupan Gizi Dari Pemerintah Melalui Program “Save Korowai”

oleh

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengirimkan tim ke pedalaman Korowai dengan membawa makanan dan perlengkapan yang diperlukan warga Suku Korowai.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giyai, di Jayapura, Senin, mengatakan tim yang dikirim ke Korowai bertolak dari Jayapura ke Korowai pada hari ini.

Tim berangkat dengan membawa 60 karton Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan bobot 480 kg.

Dinas Kesehatan lebih perhatian pada pemberian makanan tambahan (PMT) dan PMASI pada anak,” ujarnya pula.

Menurutnya, beberapa daerah yang bermasalah terjadi kematian pada bayi disebabkan karena kekurangan asupan gizi.

“Kami kasih contoh pemberian PMT, sehingga ke depan bisa memperhatikan asupan gizi bayi,” ujarnya lagi.

Selain itu, lanjut dia, tim Dinkes yang dikirim akan memberikan penyuluhan dan pendidikan tentang kesehatan kepada warga Suku Korowai.

Tim, lanjut dia, juga melakukan pendataan terhadap penduduk setempat, sehingga Dinkes Papua bisa merumuskan rekomendasi serta kebijakan strategis berkelanjutan di wilayah Korowai tiga tahun mendatang yang dikoordinir langsung oleh Dinkes Papua.

“Tim akan memberikan pelayanan kesehatan kepada Suku Korowai kurang lebih selama satu pekan,” katanya pula.

Ia menambahkan, Suku Korowai akan menjadi rumusan dalam pembangunan yang berkelanjutan dan terpadu yakni “Save Korowai” oleh Dinkes Provinsi selama kurun waktu tiga tahun ke depan yakni 2018-2020.

Korowai berada di persimpangan antara Kabupaten Yahukimo, Mappi, Boven Digoel dan Asmat. Kehidupan suku yang baru ditemukan sekitar 30 tahun lalu itu masih terisolasi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *