oleh

Sudah bisa akses layanan internet, Warga tiga distrik pedalaman Mimika

-Berita-228 views

Kitorangpapuanews.com – Warga yang bermukim di tiga distrik (kecamatan) di wilayah pedalaman dan pesisir Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, kini bisa menikmati layanan internet, telepon pintar, whatsapp maupun facebook, setelah fasilitas jaringan VSAT dibangun di wilayah itu.

Kepala Bidang Penyelenggara E-Government pada Diskominfo Mimika Maria Rettob di Timika, Senin mengatakan tiga distrik yang sudah bisa menikmati layanan internet dengan faislitas telepon seluler android tersebut, yaitu Distrik Agimuga, Jita dan Mimika Barat Jauh.

“Dalam rangka program 100 hari kerja Bupati-Wakil Bupati Mimika (pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob) sebenarnya ada empat distrik yang sudah dilakukan pemasangan VSAT. Sampai sekarang baru tiga distrik yang sudah beroperasi, sementara satu distrik lain, yaitu Jila, sampai sekarang belum beroperasi karena masih dalam tahap perbaikan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat VSAT di Jila juga sudah bisa dioperasikan,” kata Maria.

Maria menyebut pemasangan jaringan internet pada sejumlah distrik pedalaman itu bekrja sama dengan PT Aplikasi Nusa Lintas Arta. Perusahaan tersebut juga dipercayakan untuk memasang dan mengoperasikan fasilitas command centre di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika.

Pemasangan jaringan VSAT pada empat distrik pedalaman dan pesisir Mimika itu dilakukan sejak Desember 2019. Sebagian telah beroperasi sejak Desember dan beberapa lagi baru mulai dioperasikan sejak Januari lalu.

Maria mengatakan keberadaan fasilitas internet melalui jaringan VSAT tersebut disambut positif oleh masyarakat setempat, meskipun jangkauan jaringan tersebut hanya ada di sekitar kantor ibu kota distrik.

“Masyarakat senang sekali karena mereka sudah bisa komunikasi dengan keluarga yang ada di Timika. Fasilitas ini juga untuk membantu petugas pemerintah, mungkin ada hal-hal penting di wilayah mereka bisa langsung berkomunikasi dengan bupati dan wakil bupati,” ujarnya.

Warga yang hendak berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat mereka di Timika bisa mendatangi masing-masing kantor ibu kota distrik untuk memanfaatkan jaringan VSAT tanpa dipungut bayaran sepeserpun.

“Di setiap distrik kami bagi dua kekuatan jaringannya, ada untuk masyarakat umum tidak menggunakan password, sementara untuk pemerintah harus menggunakan password,” ucap Maria.

Adapun beberapa distrik lain yang belum terlayani fasilitas internet seperti di Amar, Mimika Barat Tengah dan Mimika Timur Jauh, Diskominfo Mimika berencana untuk memasang fasilitas Based Trasceiver Station (BTS) bekerja sama dengan PT Telkomsel.

“Kami merencanakan tahun depan ada tiga BTS yang akan dibangun, yaitu di Amar untuk wilayah Barat Mimika, Manasari untuk wilayah timur Mimika dan Aroanop untuk wilayah pegunungan Mimika. Untuk Aroanop sebenarnya kami mengusulkan pembangunan BTS tahun ini, namun terkendala dengan anggaran karena semuanya difokuskan untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua,” kata Maria.

Beberapa ibu kota distrik pesisir Mimika yang sudah bisa terakses fasilitas internet dan telefon melalui penyediaan fasilitas BTS yaitu Atuka ibu kota Distrik Mimika Tengah dan Kokonao ibu kota Distrik Mimika Barat.

Jaringan signal BTS yang terpasang di Atuka dan Kokonao bisa mencakup Kampung Keakwa, Timika Pantai, Ipaya, Amar hingga kawasan perairan Kampung Uta di Distrik Mimika Barat Tengah.

News Feed