STRATEGI KKB HAMBAT PEMBANGUNAN DAN LOBI POLITIK KELOMPOK PENDUKUNGNYA

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Akibat pembantaian terhadap 31 pekerja pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, Minggu (2/12), pembangunan di Papua menjadi terhambat.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) akan terus mengganggu keamanan di Papua. Hal ini mengakibatkan pembangunan terhenti. Saat itulah perekonomian tidak berjalan dengan baik.

Setelah perekonomian terhenti, kelompok front politik, seperti Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement for West Papua (UMLWP), akan mempropagandakan bahwa pemerintah tidak melakukan pembangunan apapun di Papua. Kemudia mereka akan membunyikan isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

KNPB bergerak di dalam negeri sedangkan UMLWP melakukan lobi politik di luar negeri. Isu yang mereka angkat selalu tentang HAM dan penjajahan di Papua, nyatanya isu tesebut tidak benar dan kebohongan semata.

Negara pasifik melihat bahwa Papua adalah sah bagian dari Indonesia. Tidak seperti propaganda dan pemutar balikan fakta oleh UMLWP. UMLWP tidaklah sehebat propaganda klaim mereka. Faktanya lobi-lobi politik mereka terhadap negara pasifik tidak pernah dianggap sama sekali. Misalnya negara Kepulauan Solomon yang jelas sangat mendukung pemerintah Indonesia.

Masyarakat Papua tentu sangat mengharapkan kemajuan di daerahnya. Kitorang Papua sama-sama bersatu memerangi KKB dan kelompok teror lainya. (*)