oleh

STOP!!! PERAMBAHAN HUTAN DI PEGUNUNGAN CYCLOOP

-Artikel, Berita-113 views

Kitorangpapuanews.com – Mathius Awoitauw selaku Bupati Jayapura menegaskan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam dalam menyikapi persoalan aktivitas perambahan hutan liar di cagar alam Cycloop.

 

Kebijakan pemerintah daerah mengenai program ketahanan pangan sebaiknya tidak disalah artikan oleh warga yang tinggal disekitar kaki gunung untuk membuka lahan di kawasan hutan  lindung.

 

“Tidak benar jika dengan program ketahanan pangan,  masyarakat jadi merusak lingkungan seperti yang saat ini terjadi di kawasan penyangga dan hutan cagar alam Cycloop dikatenakan tindakan tersebut melanggar hukum” Tegasnya.

 

Program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Jayapura di masa pendemi Covid-19, bukan berarti memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk melakukan perambahan hutan, apalagi di kawasan penyangga dan hutan lindung.

 

“Bencana alam pernah terjadi pada Maret 2019 lalu dan itu belum lupa dari ingatan kita, tetapi masih ada masyarakat yang dengan sengaja melakukan perambahan hutan di kawasan pegunungan Cycloop yang notabene dilarang oleh pemerintah,” ungkapnya.

 

Menyikapi persoalan tersebut agar kejadian tersebut tidak terulang lagi dikemudian hari maka pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh ondoafi dan kepala suku di Kabupaten Jayapura untuk mengambil sikap tegas terhadap aktivitas pertanian yang dilakukan secara liar oleh oknum warga yang tinggal disekitar kaki gunung Cycloop.

News Feed