oleh

STAF KHUSUS PRESIDEN : PERLU ADANYA EVALUASI OTSUS SECARA KONPREHENSIF

-Artikel, Berita, News-110 views

Kitorangpapuanews.com – Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar menegaskan bahwa perlu adanya evaluasi Otonomi Khusus (Otsus) secara konprehensif untuk pembangunan Papua, kamis (13/8).

Billy yang merupakan putra asli Papua menyebutkan bahwa ada 5 hal utama yang dapat digunakan sebagai tolak  ukur keberhasilan Otsus di wilayah Papua yaitu kebijakan, anggaran, sistem, manusia dan pengukuran atau dampak berkelanjutan dari Otsu itu sendiri.

Menyikapi hal tersebut, Billy menambahkan perlunya adanya suatu kesimpulkan untuk menjadi bahan masukan kepada Presiden Jokowi sebagai gambaran pemecahan permasalahan yang terjadi di Papua.

Adapun point-point yang dicatat oleh Billy dalam acara webinar yang diselenggarakan Kompas Tv dengan tema Otonomi Khusus Papua dan kesejahtraan orang asli Papua adalah sebagai berikut :

  1. Harus adanya penggunaan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan
  2. Pembangunan yang tepat adalah pembangunan manusianya
  3. Gunakan sIstem bottom-up (mendengarkan aspirasi dari masyarakat Papua)
  4. Berdayakan OAP yang sudah sukses diluar sana.
  5. Harus ada evaluasi yang menyeluruh secara komperhensif
  6. Mendorong kewirausahaan di wilayah Papua

“Point-point tersebut nantinya akan saya sampaikan kepada Presiden Jokowi sebagai masukan mengenai pemecahan permasalahan yang terjadi di Papua” tegasnya

Terkait dalam hal untuk mendorong kewirausahaan di wilayah Papua, Billy menambahkan bahwa ada banyak kesempatan yang ditawarkan pemerintah, mulai dari menjadi wirausahawan hingga bekerja sebagai karyawan di BUMN

“Banyak cara bagi kita putra-putri Papua untuk berkarya. Bukan hanya menjadi PNS, kita bisa menjadi enterpreneur dan juga bekerja sebagai karyawan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), karena kesempatan itu dibuka lebar,” ujarnya

Billy menyebutkan saat ini sudah banyak anak milenial Papua yang berprestasi diluar sana yang belum terekspose dan dapat kembali serta memajukan wilayah Papua.

Billy berharap kepada banyak pemuda Papua yang berprestasi diluar sana agar dapat kembali ke Papua dan dapat ikut serta untuk memajukan masyarakat papua.

News Feed