oleh

Stabilitas di Papua Dinilai Tak Terlepas dari Peran BIN

Kitorangpapuanews.com – JAKARTA – Pada 1 Desember 2019, situasi di Papua terbilang aman menyusul berbagai rentetan peristiwa unjuk rasa yang terjadi sejak Agustus hingga Desember. Terciptanya stabilitas di Papua dinilai tak terlepas dari peran Badan Intelijen Negara (BIN).

Menurut Analis Intelijen dan Terorisme Stanislaus Riyanta, BIN berhasil dalam operasi menciptakan Papua aman dan damai. Biasanya pada 1 Desember yang disebut sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), kelompok separatis di Papua melakukan aksi kekerasan.

“Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan tipikal kerja senyap, tapi tuntas. Bukan hanya masalah Papua tetapi pasca-Pilpres hingga pelantikan presiden yang aman dan damai kemarin karena tangan dingin Budi Gunawan,” ujar Stanislaus Riyanta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/12/2019).

Ilustrasi Foto: Ist

Di bawah kepemimpinan Budi Gunawan, menurut Stanislaus Riyanta, BIN memainkan peran yang signifikan dalam menciptakan situasi negara aman dan damai, termasuk dari aspek politik dan budaya. Budi Gunawan juga mampu berkolaborasi dengan Polri dan TNI.

“Tidak perlu meragukan kepemimpinan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. Meskipun jarang terekspos itulah ciri khas intelijen, bekerja dalam senyap, namun berhasil tuntas,” katanya.

News Feed