oleh

Sosok Veronica Koman, ‘Tersangka’ Provokasi Papua

-Artikel-830 views

Kitorangpapuanews – Ini Sosok Veronica Koman, Tersangka provokator Kerusuhan Papua, polisi telah menetapkan tersangka yang diduga menjadi provokator. Hal tersebut disampaikan Polda Jatim yang menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka. Veronica Koman dinilai menjadi provokasi di asrama mahasiswa Papua yang sempat terjadi di Surabaya, Jawa Timur.  Veronica Koman sebelumnya sudah dipanggil oleh pihak kepolisian sebagai saksi atas kasus tindakan rasisme di asrama Papua Namun dirinya absen dan tidak memenuhi panggilan tersebut.

Polisi akhirnya akan bekerja sama dengan BIN dan Interpol untuk bisa melacak keberadaan Veronica Koman yang diduga masih berada di luar negeri. Veronica disangkakan dengan Pasal 160 KUHP serta UU ITE. Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si. mengatakan kalau selama penyelidikan kasus tersebut pihaknya sudah memeriksa 6 saksi. “Dari hasil pemeriksaan saksi 6, (yakni) 3 saksi dan 3 saksi ahli, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka VK,” kata Luki pada Rabu (4/9/2019). “Setelah pendalaman dari media, hasil dari HP dan pengaduan dari masyarakat, VK ini salah satu yang sangat aktif membuat provokasi di dalam maupun di luar negeri untuk menyebarkan hoax dan juga provokasi,” sambung Jenderal Bintang Dua itu.

Kapolda menjelaskan terkait insiden di asrama mahasiswa Papua, Veronica Koman, aktif menyebarkan hoax dan melakukan provokasi. “Pada saat kejadian kemarin, yang bersangkutan tidak ada di tempat, tapi di Twitter sangat aktif memberitakan mengajak provokasi di mana ada katakan ada seruan mobilisasi aksi monyet,” pungkas Mantan Wakabaintelkam Polri itu.

Veronica kini sedang dicari oleh pihak kepolisian yang akan bekerja sama dengan BIN dan juga Interpol terkait keberadaannya diduga di luar negeri. Veronica masih sempat melakukan retweet di akun Twitternya terkait pemberitaan dirinya yang ditetapkan sebagai tersangka.

News Feed