oleh

Sosialisasikan 4 Pilar (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI), Senator Muda Ottopianus P. Tebai di Kabupaten Nabire

-Artikel, Berita-858 views

Kitorangpapuanews.com — Senator Muda asal Papua Ottopianus P. Tebai mengsosialisasikan pentingnya 4 Pilar MPR RI di daeah pemilihannya di Kabupaten Nabire, provinsi Papua, Senin, (10/2/2020) lalu.

Dalam pengsosialisasian itu dia (Senator muda asal Papua, Ottopianus P.Tebai) yang saat sedang menduduki di kursi DPD RI itu menjelaskan betapa pentingnya ke-4 pilar dalam proses implemetasi pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia khsususnya di tanah Papua.

4 pilar yang dimaksud diantaranya : Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Ke-4 pilar ini memmiliki multifungsi dalam Negara ini (NKRI). Salah satu adalah kesejahteraan dan pemerataan keadilan yang perlu diprioritaskan oleh pemerintah agar apa yang diproyeksikan bisa terwujut, dan terarah,”ujar Otopianus P. Tebai disela-sela sosialisasinya di kabupaten Nabire, Papua.

Menurut Tebai, khsusus di tanah Papua, kesejahtraan dan keadilan bagi masyarakat Papua masih sukar dirasakan masyarakat Papua sampai saat ini lantaran diskriminasi kesempatan.

“Lapangan kerja yang tersedia juga dimanfaatkan oleh kaum imigran. Padahal, banyak sarjana muda Papua yang sudah,sedang nganggur di bumi Papua. Tentunya system seperti ini membuat orang Papua itu semaking ketinggalan,”katanya.

Ia menjelaskan, untuk mewujutkan tingkat kesejateraan bagi masyarakat Papua, sebaiknya Pemerintah perlu menyediakan lapangan kerja versi OAP untuk mengatasi tingkat kemiskinan di daerah masing-masing.

“Tingkat kesejahteraan orang Papua bisa dihitung dengan jari. Yang ada di line “sejahtera” juga yang ternama di Papua tetapi masyarakat biasa masih berada dibawa line kemiskinan. Kemiskinan seiring dengan pemerataan ketidakadilan di Papua. Hal tersebut dapat menunjukan, orang Papua sangat ketinggalan.

Sebagai utusan rakyat Papua dari wilayah Meepago, Tebai juga enggan melakukan pelbagai pendekatan dengan masyarakat Papua pula pernah melakukan pelbagai sosialisasi untuk dengarkan keluahan masyarakat atas pelayanan pemerintah.

“Setelah saya melakukan kunjungan di beberapa wilayah Papua khsususnya di wilayah Meepago, daerah pemilihan saya, terdapat banyak keluhan dari masyarakat Papua dan saya selalu menyampaikan keluhan mereka (masyarakat Papua) di Pemerintah Pusat melalui beberapa kementerian dan saya tidak akan berhenti memperjuangkan keluhan masyarakat Papua,”tegasnya.

Terkait itu, dalam Kunjungan Kerja di wilayah Meepago, Tebai juga telah menemukan pelbagai hal yang belum dikerjakan oleh Pemerintah Daerah.

“Di beberapa kabupaten di wilayah Meepago, pasar bagi mama-mama Papua belum tersedia baik, Jalan rusak, pengangguran banyak, harus butuh pendidikan non formal serta butuh suatu wadah yang menjadi pusat pembinaan. Semua itu menjadi tanggungjawab pemerintah dan saya sebagai perwakilan dari wilayah ini (Meepago) saya akan berupaya memperjuangkan hak dan keluhan masyarakat kepada pemerintah pusat,”tandasnya.

News Feed