oleh

Situasi Di Tembagapura Semakin Mencekam, Sedikitnya 200 Orang TPN OPM Telah Menguasai Perkampungan

-Artikel, Kriminal-3.036 views

Kitorangpapuanews.com, Tembagapura –  Hingga Jum’at (10/11/2017) sedikitnya sekitar 200 orang anggota Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM) telah menguasai perkampungan di Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Timika.

Kelompok TPN OPM yang telah menjadikan Kampung Utikini dan Kampung Banti sebagai daerah pertahanan mereka, sejak akhir Oktober kelompok TPN OPM terus berupaya untuk melakukan gangguan penembakan terhadap Aparat Keamanan maupun penindasan terhadap masyarakat setempat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih pada Kamis (9/11/2017), bahwa kelompok TPN OPM dari berbagai wilayah Pegunungan seperti Ilaga dan sekitarnya telah bergabung dengan kelompok Teny Kwalik di Kampung Utikini dan Kampung Banti.

Adapun senjata yang digunakan oleh kelompok TPN OPM tersebut terdiri dari senjata api sedikitnya 30 pucuk serta senjata tajam lainnya seperti parang dan panah.

Masyarakat di Kampung Utikini dan Kampung Banti dilarang meninggalkan kampung oleh kelompok TPN OPM dengan alasan sebagai tameng dan perisai hidup kelompok tersebut. Bukan itu saja, selama berada dalam ancaman kelompok TPN OPM, masyarakat setempat disiksa, dirampok bahkan diperkosa dengan biadab.

Menindaklanjuti situasi yang semakin membahayakan, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit pada hari Kamis (9/11/2017) menegaskan bahwa TNI dan Polri telah mengambil langkah penindakan dalam rangka pengejaran dan pembebasan masyarakat yang saat ini masih disandera oleh kelompok TPN OPM. (**)    

News Feed