oleh

Setelah KKSB OPM Ancam Warga Sipil Kini Mahasiswa Eksodus Ancam akan Gagalkan PON Papua, Entah Apa Yang Merasuki Para Kaum Intelektual ini?

-Artikel-1.133 views

Kitorangpapuanews.com – Pelajar dan mahasiswa eksodus Papua se-Indonesia menegaskan akan menggagalkan pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, jika dalam waktu dekat Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, tidak menemui mereka. “Kami tunggu awal bulan (Februari) besok. Entah tanggal berapa bapak Gubernur harus temui kami. Kalau tidak, kami bikin upaya gagalkan kegiatan PON di Papua,” tegas juru bicara posko umum mahasiswa eksodus Papua se-Indonesia, Misatius Kogoya, saat bersama rekan-rekannya gelar jumpa pers di kantor LBH, Kamkei, Jayapura, Rabu (29/1/2020).

Entah apa yang merasuki para kaum intelektual muda ini, Hakikatnya mahasiswa memiliki peran pengabdian masyarakat yaitu sebagai agent of change, Iron stock, dan Social Control. Ciri dan gaya mahasiswa terletak pada ide atau gagasan yang luhur dalam menawarkan solusi tercoreng dengan sebuah segelintir kelompok yang mengatasnamakan MAHASISWA EKSODUS yang mengancam akan menggagalkan PON XX Papua.

Seharusnya mahasiswa memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah papua untuk mensukseskan PON XX yang sudah di depan mata dengan pemikiran dan menawarkan solusi ide. Dengan sifat keintelektual dan idealismenya mahasiswa lahir dan tumbuh menjadi entitas (model) yang memiliki paradigma ilmiah dalam memandang persoalan kebangsaan dan kemasyarakatan. Mahasiswa merupakan sebuah miniatur masyarakat intelektual yang memilki corak keberagaman pemikiran, gagasan dan ide-ide yang penuh dengan kreatifitas dalam rangka mewujudkan TRI DARMA PERGURUAN TINGGI Yakni; Pendidikan dan pengajaran, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat.

Alangkah nistanya sebagai mahasiswa yang berintelektual menggunakan cara-cara yang tidak mengedepankan intelektual, merongrong pemerintah dan menjual harga diri mahasiswa hanya untuk kepentingan sebuah kelompok pribadi. Tindakan ini mengorbankan masyarakat sipil mama-mama yang berkeringat memberikan pajaknya ke pemerintah daerah untuk para mahasiswa kuliah menuntut ilmu yang tinggi dengan harapan agar kelak mahasiswa pelopor papua ini memberikan kemajuan di Papua.

Timbul sebuah pertanyaan motif perjuangan apa yang dilakukan Mahasiswa Eksodus  ini?  Siapakah dibalik kelompok yang mengatsnamakan Mahasiswa Eksodus ini?,

Kami Masyarakat awam Papua ingin mengetahui lebih dalam prestasi mahasiwa ini selama mereka kuliah apa yang sudah diberikan kepada masyarakat papua selama ini?.

Perguruan Tinggi yang menaungi para Mahasiswa Eksodus ini harus bertanggung jawab dan membuka ke publik papua apa benar mereka masih bagian dari mahasiswa di Perguruan Tinggi tersebut..

Barisan Merah Putih  (BMP) wilayah  Pegunungan Tengah  “Kalau ada orang yang mengganggu kegiatan PON ini, itu namanya separatis, oleh karena itu, kita harus sama-sama mendukung dan tidak boleh melakukan aksi-aksi yang mengganggu persiapan pelaksanaan PON di Papua,”

Ancaman Menggagalkan PON adalah sebuah perbuatan yang melanggar hukum, pihak aparat penegak hukum harus mengambil langkah tegas dengan pernyataan ancaman yang dilakukan kelompok yang mengatsanamakan mahasiswa eksodus ini

News Feed