oleh

Separatis KKSB TPN OPM Pimpinan Egianus Kogoya Tewas Saat Kontak Senjata di Wamena

-Artikel-1.011 views

Kitorangpapuanews – Terjadi kontak senjata antara kelompok kriminal bersenjata ( KKB) dengan aparat TNI- Polri di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8/2019). Kapolres Jayawijaya AKBP T Ananda membenarkan adanya kontak senjata dengan KKSB TPN OPM di Pasar Ajibawa Kota Wamena. “Ya. Benar kita kontak senjata dengan kelompok KKSB TPN OPM di Kota Wamena. Kami berhasil melumpuhkan 1 orang,” ungkapnya ketika dikonfirmasi Kompas.com, melalui telepon selulernya, Jumat siang.

Ananda menjelaskan, KKSB TPN OPM yang selama ini bergerilya di hutan, kini mulai masuk ke dalam kota. “Memang kita sudah mendapat informasi sebelumnya. Kalau kelompok KKSB TPN OPM hendak masuk ke dalam kota, untuk bergabung mendukung pergerakan elit politik separatis,” ujarnya.

Ananda menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih mengidentifikasi identitas para anggota satu kelompok KKSB TPN OPM yang tewas tertembak “Jadi kita belum bisa pastikan ini dari kelompok mana,” kata dia. “Hanya saja dari informasi yang kami himpun, kelompok KKSB TPN OPM di daerah pegunungan tengah Papua sudah mulai bersatu, untuk membuat pergerakan separatis,” ujarnya.

Terkait peristiwa tersebut, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua meminta warga tenang, tidak terpancing isu provokatif.

“Masyarakat jangan terpancing isu yang nanti mengatakan bahwa masyarakat ditembak. Ini dia separatis KKSB TPN OPM karena menggunakan senjata api maka dilumpuhkan,” katanya, Jumat (23/8) seperti diberitakan Antara.

Banua mengatakan jika pelaku tidak dilumpuhkan maka kemungkinan ada warga lain yang terkena tembakan dari anggota separatis KKSB TPN OPM itu. “Sudah pasti pelaku dari pihak separatis KKSB TPN OPM karena itu orang yang tidak dikenal selama ini,” katanya.

Polisi menyebut, kelima orang kelompok kriminal bersenjata ini merupakan anggota kelompok pimpinan Eginaus Kogoya, yang selama ini berada di wilayah Kabupaten Nduga, Papua.

“Yang jelas ini kelompok Egianus. Penjaga pasar dan anggota kami yang tertembak masih dirawat di RSUD Jayawijaya,” katanya.

 

 

 

 

News Feed