Semarak Ramadhan eratkan persaudaraan dan tingkatkan taraf ekonomi warga

oleh
Suasana Harmonis Para Penjual jajanan untuk berbuka puasa di Jl. Terusan Jend. Sudirman – Kota Jayapura (Foto : A_nang)

Jayapura – Tidak seperti biasanya, ruas-ruas jalan di Kota Jayapura akhir-akhir ini dipadati oleh pedagang yang menjajakan dagangannya. Diantara kebanyakan pedagang menjajakan jajanan pasar dan kue-kue basah yang menarik perhatian dan membuat setiap orang yang melintas untuk singgah membeli beberapa kue untuk persiapan berbuka puasa.

Fenomena ini jarang terjadi, hal tersebut berlangsung selama bulan Ramadhan saja. Para pedagang yang mayoritas adalah ibu-ibu rumah tangga ini, setiap bulan suci ramadhan berkreasi dengan membuat hidangan-hidangan untuk takjil berbuka puasa.

Mereka menilai hal tersebut adalah kegiatan yang sangat positif dan menguntungkan, selain bisa mendapatkan nilai ekonomi yang lumayan, mereka pun dapat berinteraksi dengan dunia luar, tanpa berdiam diri dirumah mengerjakan pekerjaan rumah sebagai ibu rumah tangga.

“Syukur dibulan puasa ini, saya bisa berkreasi dengan membuat kue dan menjualnya. Dapet untungnya, dapet silaturahminya. Bisa banyak bertemu orang juga dan sama-sama berjualan dengan mama-mama yang lainnya untuk kebutuhan berbuka puasa,” tutur Halimah, salah satu pedagang kue.

Ada hal yang menarik dari fenomena tersebut, yaitu adanya kebergaman dan kerukunan yang sangat harmonis yang ditampilkan oleh warga Jayapura. Semuanya ambil bagian dalam semarak ramadhan, semuanya mendapat manfaat dari bulan yang penuh berkah ini.

Semoga kerukunan dan keharmonisan ini tetap terjaga sampai kapan pun, demi Jayapura dan Papua yang lebih baik di masa yang akan datang. (Dees)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *