SEMARAK MERAH PUTIH DI JAYAPURA

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Kemerdekaan Republik Indonesia diperoleh melalui perjuangan para pahlawan kita, baik dari Papua maupun daerah lainnya. Frans Kaisiepo, Johannes Abraham Dimara, Marthen Indey, dan Silas Papare merupakan tokoh pahlawan nasional asal Papua yang ikut berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Untuk mengenang jasa pahlawan dan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat di berbagai wilayah di tanah air merayakan hari kemerdekaan ini dengan meriah sesuai kekhasan daerahnya masing-masing. Masyarakat Jayapura pun turut antusias memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

  1. KEMERIAHAN DI KAMPUNG VIETNAM (ARGAPURA LAUT)

Sebut saja pesta rakyat yang dielenggarakan masyarakat yang berada di Argapura Laut atau dikenal dengan Kampung Vietnam. Tampak masyarakat di sana (asli Papua) sangat menghayati arti kemerdekaan Republik ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Daniel Carlos Patay, ia merupakan seorang atlet renang difabel Asian Games. Daniel selalu melakukan yang terbaik demi NKRI, tak ayal jika ia selalu meraih emas dalam setiap pertandingan baik dalam event olahraga dalam negeri maupun di luar negeri. Daniel mengungkapkan kecintaannya pada Indonesia.

Selamat hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-73, Kitorang Papua semua cinta Indonesia, NKRI Harga Mati“ ujar Daniel usai mencium bendera Merah Putih.

  1. KEMERIAHAN DI HUTAN BAKAU & DANAU LOVE

Selain kegiatan di kampung Vietnam, kemeriahan juga terlihat di Hutan Bakau dan Danau Love. Upacara dilaksanakan dengan sangat khidmat. Upacara kali ini tampak berbeda, karena dilaksanakan di atas air. Di tempat ini komunitas lingkungan peduli hutan mengajak  masyarakat Jayapura dan sekitarnya agar lebih peduli dan menjaga lingkungan sekitar. Lingkungan hidup yang terjaga akan membuat hidup kita sehat dan menjauhi polusi yang membahayakan kesehatan. Kesadaran menjaga lingkungan ini diwarnai dengan penanaman 800 bibit pohon bakau sebagai ajakan kepada  generasi muda Jayapura dan sekitarnya untuk melestarikan lingkungan alam.

  1. KEMERIAHAN DI ANGKASA PURA

Di tempat lainnya, kemeriahan juga menyelimuti warga Angkasa Pura. Tokoh masyarakat di sana menyelenggarakan sejumlah perlombaan khas tujuh belasan, seperti diantaranya panjat pinang. Warga pun mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias. Selain orang tua terlihat juga anak-anak yang sangat bergembira mengikuti rangkaian kegiatan perlombaan.

Tanggal 17 Agustus 2018 adalah momentum terbaik untuk semakin memperkokoh persatuan bangsa. Papua adalah NKRI, dari sejumlah kegiatan itu menunjukan bahwa masyarakat Papua sangat mencintai NKRI.

Dirgahayu Republik Indonesia, Jayalah Papuaku, Jayalah Indonesia Ku.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.