oleh

Selain Kehilangan Simpatisan, GT Juga Kehilangan Sosok Guru Spiritual

-Artikel, Sosial-1.981 views

Kitorangpapuanews.com, Puncak Jaya – Sebanyak 15 orang anggota Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM) dan 200 orang simpatisannya menyatakan deklarasi kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi secara suka rela, deklarasi tersebut dilaksanakan di wilayah Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya (01/07).

Deklarasi ini dihadiri oleh seribu dua ratusan dari berbagai elemen masyarakat, serta dihadiri beberapa pejabat daerah di wilayah Puncak Jaya. Isi dari deklarasi tersebut adaah pernyataan sikap yang dibacakan oleh salah satu anggota TPN/OPM  Yusco Kogoya dan guru spiritual Goliath Tabuni, Wanis Tabuni.

Yusco dan Wanis menyadari bahwa selama ini perjuangannya tidak membuahkan hasil, justru malah membawa penderitaan kepada anggota TPN/OPM maupun kepada masyarakat Papua. Wanis menyadari bahwa pemerintah sudah sangat berbaik hati menggelontorkan dana yang besar dan memfokuskan diri untuk membangun Papua.

“Ini program pemerintah kepada kita semua harus di dukung, supaya kita semua keluar dari belenggu penderitaan,” ucap Wanis kepada media.

Adapun isi dari pernyataannya adalah pernyataan sikap setia kepada NKRI dan membela tanah air Indonesia dan mendukung Pancasila sebagai Ideologi Negara, menolak kelompok anti pembangunan yang mengatasnamankan perjuangan kemerdekaan Papua dan menjadi musuh bersama, menghentikan aksi-aksi bersenjata dan siap mendukung pembangunan di wilayah Puncak Jaya, bersedia mengajak saudara-saudara kami yang masih berada di hutan agar segera turun dan kembali ke Pangkuan NKRI, dan meminta kepada Aparat Keamanan TNI/Polri menjamin keamanan jika ada anggota TPN/OPM yang kembali atau menyerahkan munisi atau senjata api secara suka rela.

Setelah deklarasi dibacakan, Yusco Kogoya menyerahkan naskah deklarasi dan dilanjutkan dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Bupati Puncak Jaya kepada Yusco Kogoya. Bupati Kabupaten Puncak Jaya memperkenalkan Wanis Tabuni yang merupakan guru spritual dan merupakan teman seperjuangan Goliat Tabuni (GT) di Kebun anggur Distrik Illu (Pimpinan TPN/OPM wilayah Tingginambut) dan selama ini Wanis bersama-sama tinggal dengan GT.

Pada kesempatan tersebut juga, Wanis berjanji kepada Bupati dan seluruh warga Puncak Jaya, akan mengajak GT untuk bersama-sama kembali bergabung ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Wanis akan mengusahakan selama 1 bulan ke depan untuk memberikan pemahaman kepada GT agar bersedia secara suka rela untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

“Pemerintah akan memfasilitasi jika GT bersedia untuk turun dan kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi NKRI,” tutur Bupati Puncak Jaya.

Kegiatan deklarasi ini juga dihadiri perwakilan Media Nasional Metro TV yang langsung meliput pelaksanaan deklarasi dari anggota dan massa simpatisan TPN/OPM wilayah Tingginambut. (Dees)

 

News Feed