Sejumlaah Siswa SD di Biak Numfor Turut Meriahkan HUT RI

oleh -35 views

kitorangpapuanews — Ribuan siswa Sekolah Dasar dari berbagai daerah di Kabupaten Biak Numfor, Papua, memeriahkan karnaval menyambut perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di daerah itu yang sekaligus salah satu wujud penanaman semangat nasionalisme, pada Jumat. Asisten III Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Biak NumforAndarias F.Lamekysaat melepas peserta lomba karnaval tersebut di Biak, menjelaskan tentang pentingnya penanaman semangat nasionalisme sejak dini.

“Melalui lomba karnaval jalan siswa SD akan menanamkan semangat nasionalisme di kalangan anak-anak,” katanya. Karnaval itu diawali dengan para siswa yang memainkan musik drumband. Peserta lainnya membawa bendera Merah Putih ukuran kecil hingga sepanjang 30 meter yang diarak di sepanjang jalan kota di daerah itu. Para siswa lainnya juga tampil dengan menggunakan beragam pakaian adat daerah Nusantara, baju dinas TNI-Polri, jas lengkap, serta berbagai pakaian yang mencirikan profesi seseorang, seperti pilot, pengacara, petani, perawat, dokter, hingga pekerja perbengkelan.

Selain itu, peserta karnaval memperagakan berbagai atraksi di depan para pejabat dari berbagai organisasi perangkat daerah di Pemkab Biak Numfor yang berdiri di panggung kehormatan di Jalan Imam Bonjol Kabupaten Biak. Hingga, Jumat, pukul 18.00 WIT, suasana pawai untuk lomba karnaval itu masih berlangsung dengan semarak di mana para peserta melewati berbagai ruas jalan utama di daerah setempat.