oleh

Sebby Sambom Nyatakan Kontak Tembak di Kampung Titigi Dipimpin Aibon Kogoya

Kitorangpapuanews.com – Sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) dilaporkan menyerang pasukan TNI hingga terlibat kontak tembak di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat (06/11/2020).

Pihak TNI membenarkan peristiwa itu dan mengonfirmasi seorang prajuritnya gugur atas nama Pratu Firdaus dan seorang prajurit lainnya, Pratu Arbi juga dilaporkan mendapatkan luka tembak pada bagian betis kaki sebelah kanan.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan, markas pusat mereka telah menerima laporan bahwa serangan tersebut dipimpin oleh Komandan Batalyon (Kompi D) Aibon Kogoya.

“Aibon Kogeya mengatakan bahwa mereka telah menyerang pasukan TNI-Polri di Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya,” ujarnya.

Ia menyebut, TPNPB menghadang pasukan TNI ketika memasuki Kampung Munimai menuju Kampung Laggoa untuk mencari kelompok itu. Dimana pihak TNI menyebut saat itu Personel Satgas Yonif R 400/BR sedang patroli untuk menjamin keamanan warga.

“Pasukan TPNPB-OPM dibawah Pimpinan Aibon Kogeya lakukan serangan terhadap aparat gabungan TNI-Polri, akhirnya kontak senjata pun terjadi,” ujarnya.

Aibon Kogoya disebut sebagai Komandan Kompi D Dula, kelompok di bawah TPNPB Kodap III Ndugama namun bermarkas di wilayah Intan Jaya. Aibon beberapa kali terlibat penyerangan, antaralain pada 17 September 2020 di Hitadipa.

“Dalam hal ini, Aibon Kogoya mengaku siap bertagggung jawab atas menembak mati Aggota TNI. Anggota saya (TPNPB) tidak ada yang korban maupun luka-luka,” tegasnya.

News Feed