oleh

Sebagian Perantau Bertahan di Wamena, Wagub Minta Masyarakat Tidak Memanaskan Situasi

-News, Publik-250 views
Wagub Sumbar Nasrul berfoto dengan pengungsi asal Papua di Kodim 1702 Jayawijaya (Istimewa )

Kitorangpapuanews.com- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul mengatakan, tidak semua perantau Minang di Wamena, Jayawijaya minta pulang ke Sumbar. Namun, ada juga yang ingin ke Jayapura untuk menenangkan diri, sebagian lagi ada ingin bertahan di Wamena.

Untuk itu, Nasrul Abit mengimbau kepada semua pihak untuk tetap menjaga suasana dan saling dapat menyejukkan suasana dan jangan saling memprovokasi, baik itu secara langsung maupun melalui media sosial.

Karena, jika ada yang memprovokasi, maka hal itu dapat memicu konflik yang lebih luas lagi baik di Papua, maupun di Sumatera Barat atau daerah lain di Indonesia.

Warga di Sumatera Barat juga diminta tidak terprovokasi dengan kejadian ini, sehingga tetap menjaga keamanan dan kenyamanan warga Papua di Sumatera Barat.

“Saya harap semua masyarakat dapat menjaga kondisi ini tetap kondusif. Jangan menghangatkan suasana agar konflik tidak meluas,” harapnya, Minggu 29 September 2019 di Wamena, Jayawijaya Papua.

Disampaikannya, mereka yang ingin tinggal, sudah menganggap Wamena adalah kampung sendiri. Ada yang juga lahir dan besar di Wamena.

Keinginan itu juga difasilitasi dengan permintaan Nasrul Abit, kepada aparat setempat untuk menjaga kenyamanan dan kemanan mereka disini.

“Para perantau yang masih ingin tinggal di Wamena mengharapkan kepada kita untuk mengkoordinasikan dengan Pemprov dan Pemda setempat terkait keamanan dan kedamaian. Itu kita lakukan,” ucapnya.

Dibeberkannya, tidak hanya warga asal Sumbar dan daerah lain di posko pengungsian Kodim 1702 Jayawijaya di Wamena, Papua. Banyak juga warga asli Papua ikut mengungsi.

“Jadi ini bukanlah konflik etnis. Hindari provokasi, jangan terprovokasi. Jangan sebar informasi yang menimbulkan konflik. Mari kita sama-sama berusaha dan berdoa agar situasi kembali normal. Semoga aparat keamanan bisa mengatasi persoalan …

“Saya harap semua masyarakat dapat menjaga kondisi ini tetap kondusif. Jangan menghangatkan suasana agar konflik tidak meluas”

News Feed