oleh

Sambut Sukacita Sembuh Corona, Pasien Pertama di Manokwari

-Berita-38 views

Kitorangpapuanews.com – Pemandangan Senin pagi, 11 Mei 2020 di RSUD Papua Barat memang nampak beda dari biasanya. Bahkan pemandangan ini baru pertama kali ada di rumah sakit milik pemerintah itu.

Bukan tanpa alasan, tim medis sedang merayakan kemenangan adanya pasien atas nama Adam 29 tahun yang dinyatakan sembuh dari corona dan diperbolehkan pulang hari ini.

Puluhan tim medis dan dokter berjajar di sepanjang pintu keluar RSUD Papua Barat. Memakai seragam atasan putih, tim medis memegang balon berwarna warni dan sebagian lagi ada yang memegang bunga.

Dengan sukacita, tim medis mengantarkan Adam menuju kearah jalan keluar rumah sakit. Tim medis juga bersahutan memberikan selamat dan dukungan moril  sambil bertepuk tangan atas kesembuhan Adam dari corona Covid-19.

“Saya bersyukur, akhirnya bisa sembuh dari virus corona. Perasaan saya lega, apalagi telah menjalani uji swab dua kali dan hasil keduanya negatif,” jelas Adam kepada wartawan.

Adam berterima kasih kepada tim medis dan Satgas Covid-19 Papua Barat yang telah merawat dan setia mendengar semua keluhannya hingga dinyatakan sehat.

“Pelayanan medis di RSUD Papua Barat sangat baik, hingga saya tidak bosan berada di ruangan isolasi. Padahal hampir satu bulan saya berada di rumah sakit,” jelas Adam yang mulai diisolasi sejak 17 April 2020.

Adam mengaku banyak hal positif yang diberikan selama dalam perawatan. Tim medis dengan penuh kesabaran selalu membuat sibuk pasien dengan hal-hal positif, hingga pasien lupa dengan virus yang menempel pada tubuhnya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu saya dalam kesembuhan, tim medis, para dokter dan Satgas Covid-19, semua memberikan dukungan kepada saya, hingga hari ini saya dapat berkumpul bersama keluarga,” katanya.

Sebelum meninggalkan rumah sakit, Adam mendapatkan bantuan uang tunai dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dan Himpunan Kesehatan Lingkungan Kesehatan (AKLIK), guna mencukupi kebutuhan keluarganya.

Pasien Sembuh Pertama di Manokwari

Adam menjadi seorang pasien pertama di Manokwari yang sembuh dari corona. Selain Adam, ada seorang kakek berusia 71 tahun di Kota Sorong yang juga sembuh dari corona dan diperbolehkan pulang.

Pelaksana harian Bupati Manokwari, Edi Budoyo mengatakan kesembuhan pasien hari ini menjadi suka cita bersama dan menjadi kabar menggembirakan.

“Ini semua tak lepas dari tim medis, tim gugus tugas Covid-19 Papua Barat dan Manokwari yang telah bertugas dengan maksimal,” kata Edi.

Edi yakin akan ada kesembuhan pasien lainnya setelah Adam. Termasuk kepada 2 orang pasien yang saat ini dirawat dan telah menjalani swab pertama dengan hasil negatif.

“Uji swab yang kedua sedang dilakukan pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar dan kami sedang menunggu hasilnya yang kedua. Jika dinyatakan negatif, maka kedua pasien bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga,” jelasnya.

Edi berharap dengan kesembuhan ini tak ada lagi penambahan pasien positif yang terpapar virus corona.

“Yang penting harus ada kejujuran dari masyarakat atau pasien untuk melaporkan diri di posko Gugus Tugas Covid-19 terdekat, jika pernah melakukan perjalanan dari zona merah corona atau pernah kontak langsung dengan pasien yang positif Covid-19. Ini dilakukan agar secepatnya mendapat penanganan,” katanya.

Edi mengimbau kepada masyarakat Manokwari agar tetap patuh pada aturan yang telah diterapkan pemerintah dalam pencegahan corona. Termasuk menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan, dan konsumsi makanan bergizi.

 

News Feed