oleh

Sambut Desember Dengan Kasih, Dukung Pemekaran Propinsi Untuk Kesejahteraan Dan Keadilan Sosial Papua

-Artikel-440 views

Kitorangpapuanews.com – Bulan Desember merupakan bulan penghujung tahun yang menjadi puncak perayaan dari berbagai momen selama sepanjang tahun di berbagai belahab dunia. Seperti yang kita sering jumpai di seluruh Indonesia berbagai perayaan baik itu perayaan Natal, Karnival akhir tahun dan di akhiri dengan puncak acara pergantian tahun Menyambut bulan Desember. Seperti halnya yang dilakukan setiap desember di kota Jayapura, Pesta kembang api, Pawai Natal dll.

Namun disamping kemeriahan acara yang hampir setiap tahun dilakukan ini, namun ada yang berbeda pada momen kali ini dimana Papua juga sedang bersolek menyambut pelaksanaan PON XX 2020 yang diiringi dengan berbagai pembangunan di semua lini sektor untuk meningkatkan kesejahteraan Papua. Maka dari itu ada beberapa himbauan dan permintaan dari Ketua LPRI Provinsi Papua kepada seluruh elemen masyarakat baik di kota Jayapura maupun di seluruh wilayah di Papua. Adapun isi himbauannya sebagai berikut :

I. Menyambut Bulan Desember Penuh Kasih dan Damai.
1. Bulan Desember adalah bulan penuh Kasih, Penuh Damai dan penuh Berkah untuk ummat Nasrani khususnya dan seluruh manusia secara umum.
2. Saya berharap dan menghimbau kepada seluruh warga Papua dan seluruh warga negara Indonesia di manapun berada, Mari kita menyambut dan mengisi Bulan Desember 2019 ini dengan hikmat dan Suka Cita, jangan sampai diisi dengan duka, derita, airmata bahkan tumpahan darah.
3. Kami sangat mengutuk adanya kelompok Separatis yang selalu menupahkan darah manusia tampa hak. Karena merekalah yang menghambat pembangunan dan merekalah yang membuat Rakyat Papua semakin menderita dan terbalakang karena tidak tersentuh oleh pembangunan.
4. Kepada kelompok TPN/OPM dan kelompok Separatis lainnya serta seluruh simpatisannya. Hentikanlah segalah aktifitas kalian karena Papua sudah final sebagai bagian dari Kedaulatan NKRI. Mari bersama-sama membenahi diri agar mampu ikut serta dalam pembangunan untuk kesejahteraan bersama serta untuk kejayaan Generasi Papua dan Generasi NKRI di masa datang.
5. Kepada genarasi muda Papua, mari tunjukkan Karya kita kepada Bangsa dan Negara. Kita tunjukkan bahwa Orang Papua adalah bagian dari Subjek Pembangunan Bangsa. Orang Papua bukan perusak atau pengacau Bangsa.
6. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aprat kemanan TNI/Polri yang sedang bertugas untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh Rakyat sampai ke pedalaman. Meskipun keselamatan mereka sendiri terancam dan yang pasti mereka tidak bisa berkumpul dengan keluarga merayakan Kasih Natal karena sedang mengemban Tugas Negara.

II. Sukseskan dan Percepat Pemekaran Propinsi.

1. Pemekaran Propinsi Papua adalah hal yang sangat mendesak untuk mewujudkan kesejahteraan Rakyat dan menjamin keadilan Sosial merata sampai ke pelosok daerah.
2. Pemekaran Propinsi bertujuan untuk memecah monopoli kekuasaan, monopoli birokrasi dan monopoli kebijakan di daerah Papua. Sehingga pembangunan hanya berjalan di Ibu Kota, tidak merata sampai ke daerah. Demikian pula birokrasi hanya dimonopoli oleh suku tertentu atau kelompok tertentu sedangkan kelompok lain hanya menjadi penonton.
3. Dengan Pemekaran Propinsi maka akan membuka peluang seluas-luasnya bagi generasi muda Papua yang memiliki kompetensi untuk mendapatkan pekerjaan dan masuk dalam birokrasi.
4. Dengan pemekaran Propinsi akan menjamin pemerataan pembangunan, karena program dan pengawasan pembangunan akan merata ke seluruh daerah.
5. Ada tiga kelompok yang pasti menolak pemekaran Propinsi antara lain: a. Mereka yang selama ini me monopoli kekuasaan, mereka khawatir kekuasaannya akan berkurang atau hilang; b. Kelompok Separatis, mereka menolak pemekaran karena menganggap bahwa ruang gerak mereka akan semakin sempit; c. Kelompok yang selama ini berjuang untuk pemekaran, namun mereka melihat bahwa ada pihak lain yang seolah-olah menjadi Pahlawan kesiangan.

Untuk para Teteh, Orang Tua, para Tokoh dan Saudara-Saudaraku yang sudah sekian lama memperjuangkan Pemekaran Daerah, mohon berbesar hati bahwa pemekaran Propinsi ini adalah untuk kesejahteraan seluruh Rakyat, tidak perlu kita melihat siapa yang paling berjasa dalam pemekaran tersebut karena tujuannya adalah untuk kepentingan bersama.

Elisa Bouway, SH
Ketua LPRI Prov Papua.

Trima Kasih salam reformasi.

News Feed