oleh

Ribuan APD dan Alkes dibawa Pesawat TNI AU

-Artikel-10 views

Kitorangpapuanews.com – Pesawat  Boeing TNI AU732/AI-7304   kembali mengangkut  ribuan  Alat Pelindung  Diri  (APD) dalam  rangka  pengananan  Covid-19    di Kabupaten  Merauke, Boven Digoel dan  Mappi, Senin  (27/4). Pesawat tersebut mendarat di Base  Ops  Lanud Johanes Abraham Dimara  Merauke  sekitar   pukul 09.50 WIT. 

   Setelah landing,  satu persatu   barang yang  dibawa  tersebut  diturunkan dari pesawat, untuk selanjutnya  diserahkan   ke masing-masing  tujuan. Komandan  Satuan  Tugas  (Dansatgas)  Covid-19  Lanud  Johanes Abraham  Dimara  Merauke  Letkol  Sus  Rahmat Tony Basuki, SIP,   mengungkapkan  sekitar  1.000 APD dibawa   oleh   pesawat TNI   Angkatan Udara   ini untuk  penanganan  Covid-19 di Merauke, Boven Digoel dan Mapi.  Selain  APD  dan alat  kesehatan,  menurut   Dansatgas  Letkol Rahmat  Tony Basuki,  pihaknya juga  membantu  logistik  lainnya.

   APD dan alat kesehatan  yang  dibawa  oleh  Pesawat  TNI  Angkatan  Udara  tersebut  selain  untuk RSUD   Merauke,  Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke  juga  untuk  Rumah Sakit    Bunda Pengharapan  Merauke, APD   untuk  Kabupaten  Boven Digoel dan  Kabupaten  Mappi.  Menurut  Dansatgas, selain  pesawat Hercules ini membawa APD dan  alat kesehatan serta  obatan-obatan, juga  mengangkut  logistik.

   Seperti yang  dilakukan  pada   Jumat (24/4) lalu, dimana  sebanyak 5 ton  beras  dari Bulog  diangkut dengan  Hercules. “Hari ini juga  kalau tidak salah  ada vakum  plastik dari Bulog     yang dikirim dari Makassar  dengan  bodi back sekitar 72,’’ terangnya.

    Dikatakan, setelah  APD  dan alat  kesehatan  tersebut  turun  selanjutnya  dari RSUD  datang  mengambil  kermudian didistribusikan sesuai dengan  daerahnya. “Misalnya   Boven Digoel  dan  lainnya, mereka akan  mengambil  ke Dinkes Merauke atau RSUD   Merauke,” jelasnya.

   Namun yang perlu  dicatat,  kata  Dansatgas  Letkol Rahmat Tony Basuki   bahwa   pihaknya  sepenuhnya membantu  mengangkut APD, alkes dan  obat-obatan dalam rangka   penanganan  Covid-19 di Merauke agar  virus  tersebut bisa segera teratasi dan kondisi  di Merauke bisa  normal  kembali  seperti semula.  Dikatakan, tentu   pihaknya  mengangkut APD  tersebut  sesuai dengan perintah pimpinan atas.

  “Kalau ada pengiriman  dari Jayapura, Makassar atau     Jakarta   maka  kita angkut sesuai   perintah. Kalau  ada perintah maka kita akan  angkut,’’ terangnya.

   Soal adanya  permintaan dari masyarakat  untuk bisa  naik,  Dansatgas  mengungkapkan bahwa  untuk  sementara   tidak  dapat  menaikan penumpang.’’Karena  misinya  ini  untuk angkut  APD maka   kita tidak   boleh menaikan  penumpang,’’ tandasnya.

   Sementara  untuk tenaga  medis,  menurut    Dansatgas,  tergantung perintah dari  pimpinan  atas.  Secara terpisah,  Plt Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Merauke   dr.  Nevile R.Muskita  mengungkapkan bahwa  sebanyak 300 APD   pesanan   Dinas  Kesehatan  Kabupaten Merauke  turun dibawa  oleh Hercules. ’’Kalau   RSUD  tersendiri, karena  mereka  belanja  sendiri,’’ terangnya. Sekadar diketahui,       bahwa  disaat  penerbangan  penumpang  dilockdown  sejak  26 Maret   lalu maka  satu-satunya  yang bisa  membawa   APD dan peralatan   medis serta obat-obatan  yang dibutuhkan  dalam  penanganan  Covid -19 di Merauke   tertumpu   pada   Hercules  milik  TNI AU.

 

News Feed