oleh

Proses Evakuasi Helikopter TNI MI-17 Dilakukan Hari Ini

-Berita-135 views

Kitorangpapuanews.com – Saat ini sudah siap 5 heli bell yang kita stanby-kan untuk membantu proses evakuasi. 3 milik TNI Angkatan Darat, 1 sudah standby sejak hari Senin kemarin dan 2 lagi baru tiba dari Jayapura tadi pagi. Kemudian, 2 heli milik swasta,” ujar Binsar dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (13/3/2020)”

Proses evakuasi Helikopter MI-17 sempat mengalami penundaan karena cuaca buruk. Evakuasi akan kembali dilakukan hari ini, sebanyak 3 Heli milik TNI dan 2 Helikopter Sipil dikerahkan membantu proses evakuasi helikopter MI-17 yang jatuh di Oksibil Papua.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar menyampaikan tiga unit Heli Bell TNI AD hari ini sudah lengkap berada di Bandara Distrik Oksibil untuk membantu proses evakuasi begitu pula dengan dua unit heli milik swasta.

Dia menyebut proses evakuasi terkendala cuaca yang selalu berubah-ubah. Meski begitu, pihaknya mengatakan akan tetap mengevakuasi helikopter itu.

“Cuaca di wilayah pegunungan Papua ini cukup ekstrim. Kadang kita Cuma diberikan waktu satu hingga dua jam untuk terbang. Itulah yang menjadi faktor utama kendala untuk melakukan upaya pencarian,” katanya.

Pihaknya berharap agar secepatnya dapat melakukan proses evakuasi terhadap korban maupun heli MI-17. Dia juga menyebut saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pilot-pilot yang tergabung dalam tim pencarian itu.

“Kita sudah berkoordinasi dengan seluruh pilot mudah-mudahan hari ini kalau cuaca mengijinkan kita sudah mulai kegiatan evakuasi. Baik itu mencari jenazah termasuk barang-barang yang diperlukan untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan”, terang Danrem

Proses Evakuasi Didukung dengan Cuaca Cerah

Proses evakuasi Helikopter MI-17 hari ini tengah dilakukan satu tim yang terdiri dari 1 SST( satuan setingkat pleton) telah di berangkatkan dari Oksibil ke Lokasi.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan, personil gabungan TNI-Polri SAR dan warga telah bergerak kelokasi. Sebagian menggunakan Helikopter dan sebagian melalui jalur darat.

“Tim sudah bergerak dari pukul 6:30 wit, sudah bergerak, kombinasi ada jalan darat dan udara,” Kata Binsar saat di konfirmasi.

Binsar menambahkan teknis evakuasi, tim akan di drop melalui udara ke kaki gunung dan selanjutnya akan jalan kaki ke lokasi. Pasalnya saat ini cuaca hingga siang ini masih terpantau masih cerah.

“Sampai sekarang cuaca cerah, bagus. Mudah-mudah malam sore atau malam sudah bisa berhasil,” Tambah Danrem.

News Feed