PROGRAM BANGGA UNTUK GENERASI PAPUA YANG LEBIH BAIK

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Pemerintah Provinsi Papua terus merintis program guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yaitu melalui program Bangun Generasi dan Keluarga (Bangga) Papua Sejahtera. Program ini diharapkan mampu melahirkan generasi muda Papua yang lebih handal dan unggul dari generasi sebelumnya.

Program Bangga Papua merupakan program yang ditujukan untuk mempercepat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua. Dalam menjalankan program ini, pemerintah bekerja sama dengan lembaga mitra pembangunan dengan mendata semua anak-anak Papua yang kemudian hidupnya dibiayai

“Program ini, tahun ini sudah berjalan di Asmat, Paniai, dan Lanny Jaya, yang mana semua anak umur 0 hingga 4 tahun dibiayai oleh pemerintah provinsi,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe, di Jayapura.

“Jadi program ini dirancang untuk fokus terhadap generasi emas Papua, yang pada tahun akan datang akan menjadi penerus pembangunan yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya,” ujarnya.

Selain program Bangga, ujar ia, pemerintah provinsi juga memiliki program Gerbangmas Hasrat Papua yang memiliki tujuan yang sama.

“Dengan demikian pemerintah sangat berharap anak-anak Papua yang lahir dan dibiayai ini memiliki prospek ke depan lebih unggul dan baik berbeda dengan generasi sebelumnya,” kata Enembe.

Gubernur Enembe menambahkan sampai hari ini tingkat kemiskinan di Papua masih cukup tinggi meskipun telah terjadi penurunan dari 31 persen ke 27 persen.

“Angka ini jelas masih tinggi. Untuk itu, semua sektor harus ditingkatkan dan ini merupakan kerja keras kita semua. Jangan berbangga hati karena kita Otsus, semua perlu kerjasama untuk membangun Papua ke arah yang lebih baik lagi,” ujarnya. (*)