oleh

Prestasi Enam Mahasiswa Beasiswa asal Papua, Berhasil Selesaikan Studinya dengan Predikat Terbaik

-News-561 views

Kitorangpapuanews.com – Sebanyak enam mahasiswa yang mengeyam pendidikan melalui Program Penelusuran dan Pengembangan Potensi Putra- Putri Papua (P5) asal Kabupaten Jayapura berhasil menyelesaikan studi dengan predikat terbaik.

Keenam mahasiswa asal Kabupaten Jayapura yang telah diwisuda itu, diantaranya, dua mahasiswa dari UKSW Salatiga, dua mahasiswa UISI Gresik, dua mahasiswa STP Bali dan satu mahasiswa dari Universitas Surya.

Progran P5 adalah salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura untuk ingin membangun sumber daya manusia (SDM) terbaik lewat pemberian beasiswa pendidikan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kabupaten Jayapura.

“Di tahun 2019 ini, rata-rata mereka ini adalah anak-anak kami yang kuliah dari tahun 2015 dan 2016. Dan telah berhasil menyelesaikan studi mereka dengan baik,” ujar Sekertaris Dinas BKPSDM Kabupaten Jayapura, Suratmo di ruang kerjanya, Senin, 16 Desember 2019.

Suratmo juga mengatakan, program P5 adalah salah satu program yang telah berjalan sejak 2008. Hingga saat ini sudah ada 200 anak asli Papua dari Kabupaten Jayapura yang telah menyelesaikan pendidikan di luar Papua.

“Jurusan yang diambil juga sesuai dengan kebutuhan di Kabupaten Jayapura yaitu pariwisata, keperawatan dan digital komunikasi,” terangnya.

Menurutnya, proram P5 yang juga menjadi perhatian khusus dari Bupati Jayapura hingga saat ini masih terus dilakukan namun untuk tahun 2019 pihaknya akan lebih fokus kepada mahasiswa yang sementara ini masih mengeyam pendidikan di luar Papua.

“Ini tahun evaluasi otonomi khusus (otus), namun jika masih diberikan tanggungjawab untuk pengembangan afirmasi tetap kita jalankan,” pungkasnya.

 

News Feed