oleh

Prajurit TNI siap bantu pengamanan Pesparawi-PON Papua di Timika

-Artikel, News, Publik-1.206 views

Kitorangpapuanews.com -Timika- Jajaran prajurit TNI dari berbagai satuan menyatakan siap membantu pihak kepolisian setempat dalam mengamankan agenda Pesta Paduan Suara Gerejawi/Pesparawi XIII se-Tanah Papua pada bulan Juni dan PON XX Papua pada bulan Oktober-November di Timika.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan kepada Antara di Timika, Senin, mengatakan ada tiga agenda besar yang diselenggarakan di Timika tahun ini yaitu Pesparawi se-Tanah Papua yang diikuti kontingen dari 42 kabupaten/kota (Provinsi Papua dan Papua Barat) pada bulan Juni.

Selanjutnya kegiatan PON XX pada bulan Oktober, dimana Timika menjadi salah satu kota penyelenggara untuk sembilan cabang olahraga dan Sidang Gereja Kemah Injil Papua/Kingmi pada bulan November.

“Kami berkomitmen penuh untuk mendukung kepolisian dalam mengamankan tiga agenda besar itu. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar dan sukses,” kata Letkol Nainggolan.

Dandim mengakui situasi kamtibmas di Mimika, terutama di Kota Timika dalam beberapa tahun terakhir cukup kondusif.

Stabilitas keamanan di wilayah itu, katanya, tetap terjaga baik berkat dukungan dari kerja sama dari semua lapisan masyarakat.

“Dulu Mimika selalu diberikan stigma negatif sebagai daerah merah lantaran seringnya terjadi konflik sosial. Sejak 2018, kita mampu membalikkan stigma negatif itu menjadi daerah yang sangat kondusif. Terbukti sejumlah agenda besar yang berlangsung di Mimika seperti Pilkada 2018, Pemilu Serentak (Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden) 2019 berlangsung aman dan damai,” jelas Letkol Nainggolan.

Selain itu, katanya, pada saat sejumlah daerah di Papua bergejolak menyikapi kasus penghinaan rasis yang dialami sejumlah mahasiswa Papua di Pulau Jawa, ternyata situasi kamtibmas di Timika tetap stabil.

“Kondisi seperti inilah yang perlu terus dipertahankan. Terbangunnya stabilitas keamanan di suatu wilayah bukan semata karena soliditas TNI dan Polri tetapi karena sinergitas yang baik antarsemua lapisan masyarakat,” kata Letkol Nainggolan.

Dandim berharap semua komponen masyarakat Mimika juga ikut mendukung penuh pemerintah daerah dalam mempersiapkan diri dan menyambut penyelenggaraan sejumlah agenda besar berskala regional dan nasional yang akan berlangsung di Timika tahun ini.

“Tentu peran serta masyarakat Mimika, terutama di Kota Timika sangat menentukan untuk sukses tidaknya penyelenggaraan beberapa kegiatan tersebut. Mari kita membangun komitmen dan kesadaran bersama agar semua agenda besar yang dilaksanakan di Timika tahun ini bisa berlangsung sukses,” harap Letkol Nainggolan.

ANTARA

News Feed