POTRET KEWIBAWAAN, POS PERBATASAN SKOUW RI-PNG

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Wilayah perbatasan adalah daerah yang sarat akan gengsi. Secara tidak langsung, tampilan daerah perbatasan menunjukan kewibawaan dan kesejahteraan suatu negara. Seperti halnya tampak di pos perbatasan Skouw, Republik Indonesia (RI) dengan negara tetangga Papua New Guinea (PNG).

Perbedaan ekonomi antara negara PNG dan RI dalam hal ini wilayah Papua sangat kontras dan jauh sekali. Selain tampak dari pembangunan,  harga kebutuhan pokok dan kesejahteraan, masyarakat Papua lebih baik dari warga PNG. Hal ini menyebabkan banyak warga PNG masuk untuk berbelanja di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Pos Skouw dibangun dengan sangat megah. Warga Negara Indonesia (WNI) patut bangga, khususnya warga Papua. Pasalnya di Pos Skouw tampak bangunan yang modern. Tidak hanya itu, Pos Skouw di jaga oleh personil militer TNI yang cakap dan sigap.

Kondisi Pos Skouw ini berbanding terbalik dengan Pos negara sebelah. Pos PNG tampak sangat sederhana dan kurang terurus. Apalagi jika melihat personil militer yang menjaga pos PNG, sangat jauh dari kata membanggakan.

Pos Skouw ini dapat ditempuh melalui jalur darat, yaitu melalui Jayapura sekitar 2 jam perjalanan. Kondisi jalan dari Jayapura menuju Pos Skouw sangat baik. Sehingga dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu, WNI yang mengunjungi Pos Skouw berkesempatan untuk dapat melihat negara tetangga PNG tanpa harus menggunakan passport. Yaitu dengan menitipkan kartu identitas kepada personil TNI yang menjaga Pos perbatasan. Warga diijinkan untuk masuk wilayah PNG sejauh 300 meter. Di sana akan tampak sejumlah pedagang souvenir khas PNG dan penjual makanan yang bisa dibeli menggunakan mata uang Rupiah maupun Kina.

Papuaku Indonesiaku, kitorang Papua sangat bangga.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.